Puskesmas Sukoharjo Raih Penghargaan dari Presiden Jokowi, Namanya PPKM Award

Nanang SN
Penampakan Puskesmas Sukoharjo Kota.Foto:iNews/Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Keberhasilan penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia telah mendatangkan apresiasi dunia internasional. Sinergi dari berbagai pihak dinilai berhasil meredam penyebaran pandemi yang telah merenggut jutaan korban jiwa itu.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan apresiasi khusus berupa penghargaan kepada pihak-pihak yang telah terlibat aktif dalam penanganan Covid-19 dalam bentuk PPKM Award.

Sedikitnya ada 16 kategori penghargaan yang diberikan, salah satunya adalah Kategori Fasilitas Layanan Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas.

Untuk kategori tersebut, Presiden Jokowi memberikan penghargaan PPKM Award kepada 102 Puskesmas yang merupakan Puskesmas dengan Pengelolaan Vaksinasi Covid-19 terbaik dari seluruh Indonesia.

Untuk Jawa Tengah, ada tiga Puskesmas yang mendapat penghargaan tersebut, salah satunya adalah Puskesmas Sukoharjo, Kecamatan/ Kabupaten Sukoharjo, yang dipimpin oleh dr. Kunari Mahanani.

"Kami mendapat informasi terkait penghargaan itu dari pemberitahuan melalui email yang dikirimkan oleh Kemenkes, bahwa Puskesmas Sukoharjo meraih penghargaan dalam penanganan pandemi Covid-19 khususnya pengelolaan vaksinasi," kata Kunari saat ditemui pada, Selasa (21/3/2023).

Ia pun mengaku senang dan berbahagia setelah mendapat pemberitahuan itu. Hanya saja ia belum mengetahui lebih lanjut seperti apa wujud penghargaan itu, apakah berupa tropy dan piagam, atau yang lainnya.

"Selama pandemi, kami selalu aktif melakukan update data melalui aplikasi “smile” yang langsung terkoneksi dengan pemerintah pusat. Semua data yang kami kirim valid sesuai kondisi yang ada saat itu," ungkapnya.

Data tersebut, menurut Kunari sangat membantu pemerintah pusat untuk mengetahui sejauhmana penanganan dan cakupan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, baik dosia pertama, kedua, hingga vakainasi boster pertama dan kedua.

“Puskesmas Sukoharjo ini membawahi 14 kelurahan, selama pandemi kami setiap hari memberikan layanan vaksinasi dan datanya selalu kami laporkan,” ungkapnya.

Hanya saja untuk pelaksanaan vaksinasi booster tahap dua, Kunari mengaku kurang mendapat respon masyarakat. Hingga saat ini capaiannya baru 2,8%. Padahal sosialisasi terus digalakkan di setiap pertemuan warga.

"Animo masyarakat untuk vaksinasi booster 2 masih cukup kecil. Banyak yang beranggapan bahwa pandemi sudah selesai. Kalau untuk vaksinasi booster 1 mencapai 40%. Sampai saat ini kami setiap hari terus membuka layanan vaksinasi, baik di Puskesmas maupun di gerai MPP Kabupaten Sukoharjo,” imbuhnya.

Perlu diketahui, pemberian apresiasi dan penghargaan melalui PPKM Award ini diberikan kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi terhadap penanganan Covid-19 di Indonesia.

Penghargaan yang diberikan dalam acara yang dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi itu digelar pada Senin (20/3/ 2023) kemarin. Adapun kategorinya antara lain:

a. Provinsi berkinerja terbaik

b. Kabupaten/Kota berkinerja terbaik

c. TNI, diberikan untuk Kodam terbaik dan Kodim terbaik

d. Polri, diberikan untuk Polda terbaik dan Polres terbaik

e. Puskesmas dengan pengelolaan vaksinasi Covid-19 terbaik

f. RS dengan performa tata kelola Covid-19 terbaik

g. Laboratorium dengan performa pemeriksaan Covid-19 terbaik.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network