Jaga Kamtibmas saat Bulan Ramadhan, Polres Blitar Libatkan Perguruan Silat

Sugiyanto
Ilustrasi pendekar silat (FOTO: Istimewa)

BLITAR, iNewsSragen.id - Polres Blitar melibatkan para pendekar silat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama bulan Ramadhan. Sinergi ini dilakukan untuk menjaga ketentraman bersama. 

 “Kita bersama-sama menjaga situasi agar tetap aman, damai dan sejuk pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri,” ujar Kasi Humas Polres Blitar Kota AKP Achmad Rochan kepada wartawan Rabu (22/3/2023).  

Jumlah perguruan silat di wilayah Blitar Raya (Kota dan Kabupaten Blitar) lumayan banyak. Dari informasi yang dihimpun, ada sekitar 11 perguruan silat di Blitar Raya, di antaranya Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate), Porsigal, Tapak Suci, Cempaka Putih, Perisai Diri dan lain sebagainya. 

Masing-masing perguruan silat memiliki jumlah anggota yang cukup besar. Dengan dilibatkan menjaga kamtibmas, para perguruan silat diharapkan mampu meredam aktivitas para pendekar yang berpotensi mengundang perselisihan, seperti arak-arakan atau konvoi di jalan raya.

Di beberapa kasus yang terjadi, konvoi pesilat seringkali menimbulkan kericuhan antarperguruan. Ricuh atau pertikaian para pesilat kerap dipicu oleh ego antarperguruan.

Dalam rapat koordinasi (rakor) yang digelar Polres Blitar Kota bersama antar perguruan silat, kata Rochan para pimpinan perguruan diharapkan mampu membimbing para anggotanya.

Ada upaya pengendalian yang lebih intensif terhadap para pesilat, yakni khususnya mereka yang berusia muda dan sekaligus mudah terbakar emosi.

Demi tercapainya situasi sosial yang kondusif, para pendekar perguruan silat diharapkan bisa mematuhi ketentuan hukum yang berlaku.

“Warga pesilat diajak bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Blitar Raya,” katanya. 

Ajakan Polres Blitar Kota mendapat sambutan positif para pimpinan perguruan silat. Perwakilan SH Terate Nurul Budiana mengatakan pihaknya siap berkomitmen menjaga kamtibmas bersama-sama, khususnya selama bulan ramadhan hingga Idul Fitri.

Sebagai simbolisasi, para perguruan silat juga akan memasang banner di masing-masing wilayah yang sekaligus mencantumkan logo perguruan silat secara kolektif. 

“Kami berkomitmen menjaga kamtibmas di Blitar Raya agar senantiasa kondusif,” ujarnya.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network