UMS Makin Diminati, Calon Mahasiswa Baru Mulai Ramai Mendaftar

Nanang SN
Calon mahasiswa baru UMS mulai ramai mendaftar menjelang Masta PBM 2023.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id  -  Berdasarkan data perbandingan, minat calon mahasiswa baru yang mendaftar di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengalami lonjakan cukup signigikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) sekaligus Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) UMS, Triyono, bahwa terdapat lonjakan pendaftar pada tahun ini.

"Pada tahun 2022 total pendaftar sebanyak 23.714, sedangkan untuk tahun 2023 mencapai 25.201 pendaftar. Begitu pula dengan para calon mahasiswa yang dinyatakan lolos dan registrasi," kata Triyono, Senin (24/7/2023).

Mendekati Grand Opening Masa Taaruf (MASTA) PMB, calon mahasiswa baru UMS telah ramai memenuhi ruang tes dan ruang registrasi di Gedung Induk Siti Walidah di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

"Ini yang lolos hampir sama, tapi yang registrasi meningkat untuk yang tahun ini. Tahun lalu pada tanggal yang sama yaitu 5.768, sekarang 5.993," beber Triyono.

Menurutnya, sebagian prodi di UMS telah mencapai batas kuotanya, tetapi akan ada relaksasi penambahan kuota sebanyak 10%. Prodi yang sudah mencapai 100% di antaranya adalah Prodi Manajemen, Keperawatan, Hukum, Teknik Informatika, dan Farmasi.

"Untuk yang lain-lain itu sudah terisi 78-99%. Dan yang masih agak longgar adalah prodi-prodi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)," sebutnya.

Diungkapkan Triyono, salah satu prodi yang hampir mencapai batas kuotanya adalah Psikologi, dengan hanya menyisakan 1 kursi.

Saat ini, lanjutnya, UMS membuka pendaftaran melalui jalur rapor, dan tes CBT offline, serta tes online dari rumah.

"Kami menyediakan jalur rapor boleh, kalau tidak lolos rapor, bisa jalur tes CBT. Kemudian ini kami membuka special event yaitu jalur tes online dari rumah yang Insya Allah dilaksanakan tanggal 29 Juli," terangnya.

Special event tes online dikatakan Triyono, merupakan kali ke dua UMS mengadakannya. Untuk saat ini, pendaftar tes online tahap 2 mencapai 593.

Humas UMS, Singgih Eko Yushistira, menerangkan bahwa promosi yang terus dilakukan oleh UMS menggunakan pendekatan Content Marketing. Promosi UMS yang digawangi oleh Tim Humas menerapkan promosi langsung ke end usernya, yaitu Gen Z. 

"Kami melakukan pendekatan melalui media sosial terutama Instagram dan TikTok biar dekat sama mereka dan relevan dengan mereka," paparnya.

Ia menyebutkan, Tim Humas membuat konten yang engage (mengajak) dengan para calon mahasiswa, termasuk salah satunya di Twitter sama Threads, atau melalui media sosial yang baru.

"Jadi UMS bikin Threads itu untuk tetap dekat dengan mereka, mengikuti trend, jadi UMS join the trend," lanjutnya.

Perlu diketahui, Grand Opening Masta PMB UMS akan dilakukan tepat pada tanggal 1 Agustus di Edutorium UMS, dilanjutkan dengan rangkaian Masta Universitaria, Masta ke IMM-an, dan Expo UKM.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network