Cegah Laka Fatal, Satlantas Polres Sukoharjo Ramp Check Bus Pariwisata

Nanang SN
Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Betty Nugroho memimpin kegiatan ramp check bus pariwisata di garasi PO Gunung Mulia.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Upaya memberi jaminan keselamatan bagi penumpang kendaraan umum dilakukan Satlantas Polres Sukoharjo dengan melakukan ramp check terhadap bus yang ada di wilayahnya dengan langsung mendatangi garasinya pada, Sabtu (18/5/2024).

Berkaca dari kasus kecelakaan maut bus pariwisata yang membawa rombongan pelajar di Subang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, kali ini ramp check menyasar bus pariwisata bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Jasa Raharjo.

Tujuan kegiatan yang diketahui dilakukan serentak di beberapa daerah itu, untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, yaitu kecelakaan fatal yang mengancam keselamatan penumpangnya.

Pantauan di lokasi, tim penguji dari Dishub dan polisi mendatangi garasi Perusahaan Otobus (PO) Gunung Mulia di Bulakrejo, Grogol Sukoharjo. Mereka

memeriksa kelayakan kendaraan diantaranya kondisi pengereman, lampu, dan ban.

"Selain kelayakan kendaraan, kami juga melakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat dan perizinan berkendara. Kepada pengemudinya kami menghimbau agar selalu mentaati rambu rambu lalu lintas di jalan," kata Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Betty Nugroho yang memimpin kegiatan.

Setelah beberapa saat melakukan pemeriksaan kondisi bus pariwisata yang ada di tempat itu, Satlantas dan petugas penguji tidak menemukan armada tidak layak. Surat-surat kendaraan yang dilakukan ramp check juga lengkap.

"Untuk yang disini tidak ditemukan masalah terkait kondisi bus, namun kami akan terus lakukan pemeriksaan ke PO-PO lainnya. Selain mencegah kecelakaan, ramp check juga untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa bus pariwisata," ujar Betty.

Tidak hanya kondisi bus saja yang diperiksa, kondisi kesehatan para kru juga tidak luput dari perhatian. Dalam kesempatan itu, para kru terdiri sopir dan pembantu sopir dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis serta diberi vitamin.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network