Logo Network
Network

Fenomena Unik, NASA Berhasil Tangkap Foto Matahari Sedang Tersenyum!

Danang Arradian/Rivo
.
Senin, 05 Juni 2023 | 16:40 WIB
Fenomena Unik, NASA Berhasil Tangkap Foto Matahari Sedang Tersenyum!
Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah berhasil menangkap fenomena yang unik. Foto matahari yang sedang "tersenyum" berhasil direkam. Foto: NASA

JAKARTA, iNews.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah berhasil menangkap fenomena yang unik. Foto matahari yang sedang "tersenyum" berhasil direkam. Matahari terlihat hidup dan bahagia dalam foto tersebut.

"Senyum! Hari ini, Solar Dynamics Observatory NASA berhasil menangkap Matahari sedang 'tersenyum'. Hal ini terlihat melalui sinar ultraviolet. Area gelap di permukaan Matahari ini dikenal sebagai lubang koronal, di mana angin matahari yang cepat terpancar ke luar angkasa," NASA mengumumkan melalui akun Twitter mereka.

Matahari secara terus-menerus mengirimkan angin matahari. Kadang-kadang, badai geomagnetik ini dapat menyebabkan gangguan pada sistem kelistrikan di Bumi, seperti yang terjadi di Kanada pada tahun 1989.

Ini bukanlah kali pertama Solar Dynamics Observatory berhasil merekam gambar unik dari Matahari. 

Pada tahun 2016, NASA merilis animasi Matahari yang tampak seperti sedang melakukan gerakan jungkir balik. 

Penangkapan gambar tersebut merupakan hasil dari manuver selama tujuh jam yang dilakukan oleh Solar Dynamics Observatory setiap tahun untuk mengukur tepi Matahari dengan akurasi tinggi.

Hal yang menarik, foto ini dirilis oleh NASA pada saat perayaan Halloween, sehingga banyak pengguna Twitter yang menghubungkan foto tersebut dengan karakter populer seperti Bayi Matahari dari acara Teletubbies, Hantu Marshmellow dari film Ghostbusters, dan labu Jack-o'-lantern yang merupakan simbol khas Halloween.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Sragen di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.