get app
inews
Aa Read Next : Gempar, Warga Desa Siwal Baki Temukan Mayat Pria Tanpa Identitas di Selokan

HUT ke-343,  Kartasura Gelar Car Free Day Perdana dan Pertunjukkan Wayang Kulit

Sabtu, 16 September 2023 | 20:54 WIB
header img
Persiapan pergelaran wayang kulit di depan petilasan Keraton Kartasura.Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Antusiasme warga Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, menyambut pelaksanaan Car Free Day (CFD), disebutkan Camat Kartasura Ikhwan Sapto Darmono, diluar dugaan sangat tinggi. Jumlah pelaku UMKM yang ingin ikut membuka stand terpaksa dibatasi.

CFD perdana Kartasura pada, Minggu (17/9/2023) dari pukul 06.00 WIB - 09.00 WIB, berlokasi di ruas jalan Slamet Riyadi, tepatnya dari pertigaan Alfa Mart Gembongan hingga SMK Pelayaran atau pertigaan jalan menuju bekas Keraton Kartasura. Panjangnya sekira 1,5 kilometer.

"Kami sudah membentuk panitia, terdiri dua kepanitian, yakni panitia dari kecamatan dan panitia zona. Area CFD ini kan ada di dua wilayah kelurahan, Ngadirejo dan Kartasura. jadi ada dua zona," kata Ikhwan saat dihubungi, Sabtu (16/9/2023).

Mengingat CFD kali ini adalah perdana, maka, menurut Ikhwan, kepanitiaan yang dibentuk juga  sudah ada pembagian tugas masing-masing. Selain itu panjang ruas jalan yang digunakan untuk CFD juga masih sebatas uji coba.

"Untuk kepanitiaan, semua dari pemerintah kecamatan dengan menyertakan didalamnya juga melibatkan pihak keamanan dari kepolisian dan TNI. Tapi khusus untuk besuk, itu ada acara festival

kuliner bebek korek internasional yang masih satu rangkaian dengan HUT Kartasura ke-343, kami bekerjasama dengan UIN Raden Mas Said Surakarta," terangnya.

Ihkwan tak menampik jika pelaku UMKM yang berminat ikut berpartisipasi di CFD sangat banyak. Hanya saja, untuk pelaksanaan perdana kali ini terpaksa harus dibatasi demi kenyamanan dan keamanan, baik pengunjung maupun pedagang di CFD itu sendiri.

"Untuk sementara kami batasi dulu pedagang yang mau berpartisipasi. Besuk akan kami lihat dulu seperti apa hasilnya sekaligus juga sebagai bahan evaluasi. Memang banyak yang mendaftar, tapi kami stop dulu," ujarnya.

Ikhwan menyadari jika persiapan pelaksanaan CFD perdana masih belum sempurna, oleh karenanya ia siap menerima kritik dan masukan dari masyarakat untuk perbaikan pelaksanaan pada hari-hari berikutnya. 

"Kami berharap pelaksanaan CFD besuk berjalan lancar. Makanya pesertaa kami batasi dulu karena jangan sampai terjadi kesemrawutan dalam pelaksaan CFD perdana ini,"imbuhnya.

Diketahui dalam rangka HUT ke -343 Kartasura ini, selain pelaksanaan CFD perdana juga diiringi serangkaian acara lain nya, yaitu Festival Internasional Bebek Kartasura, dan pergelaran wayang kulit, Sabtu (16/9/2023) malam, didepan petilasan Keraton Kartasura dengan dalang Ki Warseno Slenk. Lakonnya Wahyu Cakraningrat.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut