get app
inews
Aa Read Next : Pengasuh Ponpes di Karanganyar Dukung Ahmad Luthfi Maju Pilgub Jateng, Ini Alasannya

Kebakaran Hutan Kembali Melanda di Kawasan Lereng Gunung Lawu

Jum'at, 29 September 2023 | 15:48 WIB
header img
Kebakaran hutan kembali melanda di kawasan lereng gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar.Foto:iNews/Zannuar Setiadji

KARANGANYAR, iNewsSragen.id - Kebakaran hutan kembali melanda di kawasan lereng gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. kencangnya tiupan angin,membuat api terus merembet ke bagian lainnya, hingga kini, api masih terus berkobar.

Kebakaran hutan terjadi di kawasan Lereng Gunung Lawu, tepatnya di Bukit Ngembel, Petak 40, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Indonesia.

Yoppy Nursendy,Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Karanganyar,  mengatakan kebakaran ini terjadi dalam kondisi cuaca yang buruk dengan angin kencang, yang membuat api terus merembet ke bagian lainnya. Cuaca buruk seperti ini dapat memperburuk situasi kebakaran hutan.

Kebakaran terjadi sekitar pukul setengah enam sore. Kejadian ini dilaporkan oleh warga yang sedang beraktivitas di sekitar kawasan tersebut.

Upaya pemadaman dilakukan secara manual oleh relawan dengan menggunakan ranting daun dan peralatan seadanya. Namun, kondisi medan yang gelap dan angin kencang membuat upaya pemadaman menjadi sulit dan harus dihentikan sementara.

Penyebab kebakaran hutan masih dalam penyelidikan. Ini penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan kebakaran dan bagaimana mencegahnya di masa depan.

Luas lahan yang terbakar masih dalam perhitungan pihak Perhutani.

Kebakaran ini terjadi jauh dari pemukiman dan aktivitas warga, tetapi petugas telah melakukan upaya penyebaran api dengan membuat parit-parit kecil.

Sebelumnya, terdapat kebakaran hutan di Petak 39-1 di Rencana Pengelolaan Hutan (RPH) Tlogo Dringo, Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Lawu Utara pada tanggal 22 September lalu dengan luas lahan yang terbakar mencapai tiga hingga empat hektar.

Kebakaran hutan adalah masalah serius yang memerlukan upaya bersama dari pemerintah, lembaga pemadam kebakaran, dan masyarakat setempat. Semoga kebakaran ini segera dapat dikendalikan dan situasi segera membaik.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut