get app
inews
Aa Read Next : Tanggap Darurat Bencana Kebakaran, BPBD Sukoharjo Gelar Simulasi Penyelamatan

Dorong UMKM Sukoharjo Sejahtera, Perintis Produk Spirulina Ini Maju Nyaleg

Kamis, 14 Desember 2023 | 22:00 WIB
header img
Machmud Lutfi Huzain, caleg DPRD Kabupaten Sukoharjo dari Partai Golkar nomor urut 2 Dapil Sukoharjo 1.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Mengawali karir dari usaha jualan es krim keliling yang gagal karena tidak laku, Machmud Lutfi Huzain (33) yang kini sukses memiliki berbagai jenis usaha, memutuskan terjun di dunia politik dengan menjadi caleg DPRD Kabupaten Sukoharjo dari Partai Golkar.

Sebelum sukses diraih, pria asal Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo ini sempat mengalami kendala permodalan untuk merealisasikan keinginannya menjadi seorang pengusaha.

Lulusan Tehnik Kimia UNDIP Semarang itu, lantas mencoba peruntungan mengikuti kompetisi wirausaha yang diselenggarakan oleh salah satu pabrik rokok nasional ternama pada 2013 silam, dan hasilnya ia memenangkan hadiah utama Rp 500 juta sebagai dukungan modal.

Alhasil, modal dari hadiah itu menjadi titik balik perubahan besar usaha Machmud. Ia kemudian membangun perusahaan jasa maklon profesional berstandar resmi BPOM. Nama perusahaannya PT Brigit Biofarma Teknologi dengan fokus membantu UMKM menciptakan produk brand sendiri.

Produk perusahaan Machmud mencakup banyak jenis seperti obat herbal, suplemen kesehatan, kosmetik/skincare, minuman serbuk kesehatan, termasuk teh kesehatan. Namun dari semua usaha itu, yang paling menonjol adalah budidaya Spirulina, jenis ganggang (Alga) dengan ciri fisik berwarna hijau kebiruan.

Hasil dari budidaya tanaman yang mengandung protein tinggi tersebut telah banyak dimanfaatkan untuk mengatasi stunting di sejumlah wilayah, khususnya di Kabupaten Sukoharjo. Selain itu juga digunakan sebagai pupuk organik pada tanaman padi.

Tak hanya itu, Machmud juga memiliki obsesi besar menjadikan salah satu wilayah perbukitan di Kabupaten Sukoharjo tepatnya di Kecamatan Bulu, menjadi obyek wisata alam terkenal. Bahkan ia sudah membebaskan lahan yang bakal dijadikannya sebagai obyek wisata tersebut.

Hanya saja, mengingat Kabupaten Sukoharjo tidak memiliki Dinas Pariwisata, maka perjuangan Machmud untuk mengangkat potensi wisata alam yang merupakan bagian dari pegunungan Gajah Mungkur tersebut harus mengalami berbagai kendala, salah satunya terkait dukungan infrastruktur.

Untuk mewujudkan obsesinya baik bidang UMKM dan wisata, Machmud akhirnya memberanikan diri akan berjuang melalui jalur politik dengan maju sebagai caleg nomor urut 2 mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) Sukoharjo 1 meliputi Kecamatan Sukoharjo, Nguter, dan Bendosari.

Saat ditemui wartawan, Machmud berpendapat bahwa terjun di dunia politik juga bisa menjadi ladang lain untuk mengabdikan diri ke masyarakat. Dalam hal ini, ia berkomitmen jika nanti terpilih akan menyerahkan gaji dan tunjangannya kepada tiga golongan yaitu, anak yatim, dhuafa, dan penyandang difabel.

"Saya berharap, menyantuni tiga golongan itu bisa menjadi budaya dan dapat ditularkan kepada orang lain. Bahkan bisa menjadi gerakan bersama. Masih banyak hal yang bisa diperbaiki dengan cepat dan berdampak pada masyarakat," katanya pada, Kamis (14/12/2023).

Sebagai seorang pengusaha muda, ia mengaku sangat bersyukur dengan materi yang sudah didapatkannya saat ini. Oleh karenanya, ia kali ini ingin fokus bekerja untuk masyarakat dan memajukan Sukoharjo melalui jalur politik.

"Banyak cara untuk mengabdi masyarakat. Tapi kalau cara saya begitu (dari jalur politik dengan maju sebagai caleg)," pungkasnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut