get app
inews
Aa Read Next : TNI Dalami Penyebab Ledakan Gudang Amunisi di Ciangsana Bogor

Ledakan Tungku Smelter PT ITSS di Morowali: 15 Tewas, 3 TKA China

Minggu, 24 Desember 2023 | 14:04 WIB
header img
Tungku smelter PT ITSS di Morowali, Sulteng, meledak. Belasan orang dilaporkan tewas. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSragen.id - Tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, meledak pada Minggu pagi, 24 Desember 2023. Akibat kejadian tersebut, 15 orang dilaporkan tewas, termasuk tiga tenaga kerja asing (TKA) asal China.

Sebanyak 20 orang lainnya mengalami luka bakar dan sedang mendapatkan perawatan medis di rumah sakit umum daerah (RSUD).

Ketua Exco Partai Buruh Kabupaten Morowali, Katsaing, menyatakan bahwa seluruh korban telah dievakuasi ke RSUD untuk mendapatkan tindakan medis lebih lanjut. Pihak berwenang masih melakukan evakuasi dan penyelidikan untuk mengidentifikasi penyebab pasti ledakan tersebut.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 05.30 WIB, dengan ledakan yang diduga dipicu selama proses perbaikan pada tungku smelter, khususnya saat pemasangan pelat. Ledakan ini menyebabkan kebakaran yang melibatkan tabung oksigen di sekitar area. Sampai saat ini, penyebab ledakan belum dapat dipastikan.

Foto dan video dari lokasi kejadian menunjukkan asap hitam yang membubung tinggi, dan mobil ambulans sudah disiagakan untuk penanganan korban. Kejadian ini merupakan tragedi serius dan memerlukan investigasi menyeluruh untuk mengetahui penyebab pasti dan langkah-langkah pencegahan di masa depan.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut