get app
inews
Aa Text
Read Next : Ular Masuk Mobil Dinas, Bikin Geger Pegawai Pemkab Sukoharjo

Dinilai Bupati Berprestasi, 20 OPD Pemkab Sukoharjo Terima Penghargaan

Selasa, 23 Januari 2024 | 22:11 WIB
header img
Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyerahkan penghargaan kepada 20 OPD yang dinilai berprestasi/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id – Sebanyak 20 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Sukoharjo bidang pelayanan publik menerima penganugerahan dan penghargaan dari Bupati Sukoharjo Etik Suryani. OPD penerima penghargaan itu terbagi dalam beberapa kategori.

Hal itu disampaikan oleh Asisten Administrasi Sekda Sukoharjo, Roni Wicaksono disela mendampingi Bupati menyerahkan penghargaan dikantor terpadu Pemkab Sukoharjo, lantai 10 Gedung Menara Wijaya, Selasa (23/1/2024).

“Dengan acara ini diharapkan menumbuhkan semangat kompetisi yang positif bagi seluruh penyelenggara pelayanan publik dan memberikan apresiasi serta penghargaan bagi penyelenggara pelayanan publik yang berprestasi,” kata Roni.

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta agar OPD berlomba-lomba melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita hilangkan stigma layanan yang “mbulet” dan bertele-tele, kita harus bisa lari memberikan layanan yang cepat dan tidak ada pungli sehingga harapan masyarakat bisa terpenuhi,” tegas Etik.

Ia mengungkapkan, kompetisi inovasi pelayanan publik (KIPP) digelar setiap tahun sehingga OPD harus bisa mempersiapkan diri memberikan layanan yang baik kepada masyarakat.

"Pelayanan publik adalah tujuan akhir dari reformasi birokrasi. Dengan inovasi pelayanan publik, persepsi masyarakat tentang pelayanan yang berbelit akan berubah," ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan, KIPP merupakan langkah strategis untuk menjaring inovasi pelayanan yang dilahirkan oleh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

"Perkembangan penyelenggaraan pelayanan publik saat ini wajib menganut paradigma New Public Service dimana masyarakat merupakan pusat dari penyelenggaraan pelayanan publik dan pemerintah," jelasnya.

Etik menegaskan kepada jajarannya, agar wajah pelayanan publik harus bisa berubah dari yang berbelit-belit, lamban, tidak ramah, dan sarat pungli, menjadi pelayanan publik yang modern, bersih, efisien, dan dinamis menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat.

"Sejumlah OPD Pemkab Sukoharjo telah meraih penghargaan tingkat nasional di bidang pelayanan publik. Pada tahun 2023 Pemkab Sukoharjo berhasil meraih Penghargaan Top 45 KIPP dari Menteri PANRB, melalui inovasi “Semangat Bangun Desa melalui Program Kampung Iklim” (Sembada Proklim), yang diprakarsai oleh Dinas Lingkungan Hidup," paparnya.

Penghargaan di bidang pelayanan publik juga diterima dari Ombudsman RI, di mana Kabupaten Sukoharjo telah berhasil meraih peringkat 2 tingkat nasional untuk Kategori Pemerintah Kabupaten dengan nilai 97,41 dengan predikat Opini Tertinggi Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023.

"Dalam pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) tahun 2023 oleh Kementerian PANRB, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo juga telah berhasil memperoleh predikat Pelayanan Prima, dengan Indeks Pelayanan Publik sebesar 4,51 dan menempati peringkat 8 nasional," imbuhnya.

Diketahui, Piagam Penghargaan dan hadiah berupa uang pembinaan diberikan kepada Peraih Top 5 KIPP Tingkat Kabupaten Sukoharjo Tahun 2023, Piagam Penghargaan kepada Peraih Top 45 KIPP Tahun 2023, Piagam Penghargaan kepada Perangkat Daerah/Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang menjadi lokus penilaian kepatuhan standar pelayanan publik, dan Piagam Penghargaan kepada Perangkat Daerah yang menjadi lokus Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2023.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut