get app
inews
Aa Read Next : Transaksi Miras Dipinggir Jalan, 2 Warga Solo Terciduk Patroli Polisi

Motor Anda Hilang? Begini Cara Melacaknya dengan Google Maps

Senin, 19 Februari 2024 | 14:48 WIB
header img
Ilustrasi melacak keberadaan motor hilang dengan Google Maps. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsSragen.id - Cara melacak motor yang hilang dengan Google Maps, ternyata bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan. Namun, tidak semua pemilik motor sepertinya mengetahuinya.

Kehilangan motor sendiri menjadi momen yang tidak menyenangkan bagi sejumlah orang. Mengingat harga kendaraan tersebut tidak murah.

Beruntung, di era teknologi yang semakin maju ini, ada banyak alat yang dapat digunakan. Salah satu alat yang dapat membantu Anda dalam kasus ini adalah Google Maps.

Google Maps tidak hanya dapat membantu Anda menunjukkan jalan. Platform peta ini ternyata juga dapat digunakan untuk membimbing Anda menemukan sepeda motor yang hilang.

Sebelum memulai pelacakan, Anda perlu memastikan beberapa hal, seperti memastikan motor benar-benar hilang, menyiapkan perangkat yang memiliki koneksi internet, dan membuat akun Google.

Setelah persiapan selesai, sekarang ikuti langkah berikut ini untuk membantu menemukan motor yang hilang menggunakan aplikasi peta Google Maps.

Cara Melacak Motor Hilang dengan Google Maps 

1. Aktifkan Fitur Lokasi di Motor 

Fitur lokasi pada motor dapat diakatifkan menggunakan aplikasi pelacak motor yang tersedia di Play Store. Pastikan aplikasi yang digunakan terintegrasi dengan Google Maps. 

Aktifkan fitur lokasi pada aplikasi dan pastikan motor dalam kondisi hidup dan terhubung ke jaringan internet.  

2. Akses Google Maps 

Akses Google Maps pada perangkat yang digunakan. Caranya dengan memasukkan email dan password akun Google yang telah dibuat sebelumnya.  

3. Pilih Menu Lokasi Saya 

Selanjutnya, pilih menu Lokasi Saya yang terletak pada pojok kanan bawah layar. Google Maps akan menampilkan lokasi Anda saat ini.  

4. Periksa Riwayat Lokasi 

Sekarang periksa riwayat lokasi pada Google Maps dengan memilih menu Riwayat Lokasi pada panel yang terletak di sisi kiri layar. 

Jangan lupa memastikan riwayat lokasi telah diaktifkan sebelum motor hilang. Riwayat lokasi akan menampilkan daftar lokasi terakhir motor ditemukan.  

5. Pantau Lokasi Motor 

Pantau lokasi motor menggunakan Google Maps. Cari titik koordinat lokasi terakhir motor ditemukan dan ikuti petunjuk arah yang ditampilkan Google Maps untuk menuju ke lokasi tersebut.  

Cara Lain Melacak Motor Hilang 

1. Kunjungi Situs Web Khusus

Sekarang sudah ada beberapa situs yang menyediakan layanan pelacakan kendaraan hilang. Anda dapat memasukkan informasi kendaraan ke dalam situs untuk mendapatkan informasi soal lokasi terkini. 

2. Hubungi Komunitas Sepeda Motor 

Komunitas sepeda motor memiliki jaringan luas dan bisa membantu dalam mencari motor hilang. Anda dapat bergabung dengan komunitas atau meminta bantuan dari anggota komunitas untuk mencari motor yang hilang. 

3. Cek Rekaman CCTV

Anda bisa memeriksa rekaman CCTV untuk melihat apakah ada gambar motor atau pelaku pencurian. Metode ini sangat membantu menemukan motor yang hilang. 

Itu dia cara melacak motor hilang dengan google maps. Semoga bermanfaat!
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut