get app
inews
Aa Text
Read Next : Partai Perindo Berikan Bantuan Gerobak ke Pedagang di Desa Taraman Sragen

Grebek Pasar: Solusi untuk Permudah Akses Layanan Keuangan Masyarakat Sragen

Jum'at, 11 Juli 2025 | 12:36 WIB
header img
Petugas PT BPR BKK Karangmalang memberikan layanan transaksi dan edukasi keuangan langsung kepada pedagang saat kegiatan “Grebek Pasar” di salah satu pasar tradisional di Sragen.Foto:DOK Istimewa

SRAGEN, iNewsSragen.id  – Dalam rangka mendukung implementasi UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta Peraturan Bupati Sragen No. 37 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi, PT BPR BKK Karangmalang (Perseroda) menggagas inovasi pelayanan publik berbasis pendekatan langsung, melalui program bertajuk "Grebek Pasar".

Program ini hadir sebagai respons terhadap berbagai permasalahan akses informasi dan transaksi keuangan yang masih dihadapi masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Kabupaten Sragen.

Direktur Utama PT BPR BKK Karangmalang, H. Raji, S.E., M.M., menjelaskan bahwa melalui analisis penyebab masalah menggunakan metode fishbone diagram, ditemukan empat faktor utama yang menyebabkan terbatasnya literasi dan akses layanan keuangan masyarakat:

1.Man (Sumber Daya Manusia): Kurangnya sosialisasi dan edukasi keuangan kepada masyarakat.

2.Material: Layanan hanya tersedia di kantor cabang terdekat.

3.Method (Metode): Aduan hanya dilayani saat jam kantor.

4.Milieu (Lingkungan): Jarak rumah warga ke kantor cabang cukup jauh.

“Jika tidak segera diatasi, masalah ini akan berdampak pada lambatnya layanan dan tidak efektifnya penanganan pengaduan nasabah,” jelas Raji, Kamis (10/7/2025).

Sebagai solusi, PT BPR BKK Karangmalang meluncurkan program “Grebek Pasar”, yaitu kegiatan jemput bola ke pusat-pusat ekonomi masyarakat (pasar tradisional) untuk melayani transaksi keuangan secara realtime, sekaligus menyampaikan literasi dan edukasi keuangan secara langsung.

Manfaat Grebek Pasar untuk Masyarakat, Akses bank lebih dekat ke Masyarakat,Petugas bank dapat  dihubungi langsung via WhatsApp, Transaksi keuangan langsung diproses di Lokasi, Penanganan pengaduan menjadi lebih transparan dan personal, Memberikan edukasi finansial kepada pedagang dan pelaku UMKM.

Program ini sekaligus menjadi sarana promosi produk perbankan kepada masyarakat, serta mendukung pertumbuhan inklusi keuangan di wilayah Sragen.

“Kami ingin mendekatkan layanan keuangan, sekaligus membantu masyarakat memahami produk dan manfaat bank secara langsung tanpa harus datang ke kantor,” ungkap Raji.

Petugas PT BPR BKK Karangmalang memberikan layanan transaksi dan edukasi keuangan langsung kepada pedagang saat kegiatan “Grebek Pasar” di salah satu pasar tradisional di Sragen.Foto:DOK Istimewa

Dampak Positif Bagi Bank dan Masyarakat

Selain bermanfaat bagi masyarakat, program Grebek Pasar juga menjadi alat strategis bagi PT BPR BKK Karangmalang untuk memetakan prospek pasar, mengenali kebutuhan warga, serta merancang strategi pemasaran produk yang lebih terarah dan berbasis data lapangan.

Program ini merupakan wujud nyata transformasi pelayanan publik di sektor keuangan daerah, dan selaras dengan semangat transparansi informasi, efisiensi layanan, serta pemberdayaan ekonomi rakyat.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut