Misteri Kilatan Cahaya, di Yakini Selendang Ajaib Penghalau Wedus Gembel di Puncak Gunung Merapi

Joko Piroso
Misteri Kilatan Cahaya di Puncak Gunung Merapi diyakini masyarakat sekitar adalah sebuah selendang (Foto:iNews.id)

Gunung Bibi di bagian selatan Gunung Merapi ini diyakini masyarakat sekitar sebagai Ibu dari Merapi yang juga pemilik selendang yang dilihat warga seperti kilatan. (Foto: iNews.id)

Gunung yang berlokasi di wilayah Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah itu dipercaya sebagai pelindung oleh warga setempat dari amukan Merapi.

Hal itu tak lepas dari kepercayaan warga setempat yang menganggap Gunung Bibi adalah ibu kandung Gunung Merapi.

“Kami percaya Kecamatan Selo adalah wilayah paling aman. Kecamatan Selo baru akan terkena dampak letusan, bila Gunung Merapi memasuki tahap akhir erupsi dan akan kembali tenang,” ujar Suladi, salah seorang warga Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali, Sabtu (1/9/2022).

Gunung Bibi oleh warga setempat dipercaya sebagai hutan larangan. Berdasarkan informasi yang dihimpun, di hutan gunung tersebut masih banyak hewan-hewan liar dan buas.

“Juga makhluk-makhluk gaib,” ujar Suladi.

Suladi menceritakan, pernah suatu ketika awan panas dari letusan Gunung Merapi masuk ke langit Kecamatan Selo.

Tiba-tiba ada dua kilatan putih dari arah Gunung Bibi masuk ke awan panas dan setelah itu awan panas beralih ke tempat lain.

Disebutkan, nama Selo berasal dari kata sela-sela karena wilayahnya berada di sela-sela dua gunung besar, yaitu Merapi dan Merbabu.

Di antara dua gunung itu terdapat banyak bukit, sehingga secara ilmiah perbukitan inilah yang menghalau abu, awan panas, atau bahkan lava Merapi tak masuk ke wilayah Selo.

Di Gunung Bibi yang terletak di sebelah selatan Gunung Merapi inilah biasanya para pendaki Merapi yang tersesat ditemukan.

 

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network