Saluran TV Analog Hilang, Warga Sragen Dibuat Pusing Harga Set Top Box Ugal-Ugalan

Sugiyanto
Ilustrasi Set Top Box (FOTO: iNews)

SRAGEN, iNewsSragen.id- Hilangnya saluran TV analog serentak di wilayah Kabupaten Sragen membuat masyarakat benar-benar terasa terbebani. Terlebih bagi golongan masyarakat miskin yang tidak kebagian bantuan set top box (STB) dari Pemerintah yang beberapa waktu lalu dibagikan di beberapa kantor desa di Sragen wilayah Barat.

Siaran TV analog sudah benar-benar hilang dan harus beralih ke siaran digital, untuk dapat melihat siaran TV maka harus memasang STB.

Rata-rata, warga mengeluh karena anaknya tidak dapat melihat siaran TV. "Anak saya nangis-nangis, karena tidak bisa lihat TV, sedangkan ini mau cari STB saja susah, misal ada harganya sangat mahal, tidak seperti sebelumnya," Triyanto salah satu warga desa Soko, Miri, Sabtu (3/12/2022). 

Hal yang sama juga di rasakan oleh warga desa Gilirejo, Miri, mengeluhkan susahnya cari STB di toko-toko elektronik. "Saya kemarin dari pagi muter-muter dari toko-toko Sumberlawang sampai Gemolong cari STB tidak dapat, sampai hari ini juga belum dapat, ini masih mau milih-milih dan nyari barang dulu yang harganya sesuai kemampuan saya. Di grup Facebook katanya sih banyak, tapi mahal-mahal," terang Mulyono kepada iNews, Minggu (4/12/2022).

Menurut warga, telah terjadi kenaikan harga STB secara signifikan setelah saluran TV analog di wilayah Kabupaten Sragen dihilangkan. Sebelum saluran TV analog hilang, beberapa merk STB semula memasang harga jual Rp180 ribu sekarang menjadi Rp250 ribu, harga jual Rp210 ribu sekarang menjadi Rp280 ribu, harga jual Rp250 ribu sekarang menjadi Rp300 ribu bahkan hingga Rp360 ribu. Kebanyakan, harga tersebut diobralkan di grup-grup media sosial Facebook. 

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network