Ormas di Sragen Didorong Aktif dan Dongkrak Partisipasi Pemilih Pada Pemilu 2024

Joko Piroso
Pertemuan Pemerintah Kabupaten Sragen dengan perwakilan Ormas pada Rabu (4/10/2023).Foto:iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id - Peran organisasi masyarakat (ormas) di Sragen, Jawa tengah, dalam partisipasi Pemilihan Umum (Pemilu) memang sangat penting dalam memobilisasi masyarakat untuk memberikan suara mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sragen, Sutrisna mengatakan, Ormas dapat berperan sebagai agen yang mampu menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses Pemilu. Mereka dapat melakukan berbagai kegiatan sosialisasi, pendidikan politik, dan kampanye untuk meningkatkan kesadaran pemilih.

Ormas memiliki akses yang lebih dekat dengan masyarakat di tingkat lokal. Mereka dapat berkomunikasi secara langsung dengan warga dan mengedukasi mereka tentang pentingnya Pemilu serta hak dan kewajiban mereka sebagai pemilih.

Ormas dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam mensukseskan Pemilu. Mereka dapat membantu dalam menyediakan informasi dan sumber daya yang dibutuhkan oleh pemilih, seperti lokasi TPS, informasi calon, dan prosedur pemungutan suara.

Ormas juga dapat berperan dalam pemantauan dan pengawasan proses Pemilu untuk memastikan transparansi dan integritasnya. Mereka dapat membantu mengawasi jalannya Pemilu dan melaporkan pelanggaran yang terjadi.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network