Ormas di Sragen Didorong Aktif dan Dongkrak Partisipasi Pemilih Pada Pemilu 2024

Joko Piroso
Pertemuan Pemerintah Kabupaten Sragen dengan perwakilan Ormas pada Rabu (4/10/2023).Foto:iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id - Peran organisasi masyarakat (ormas) di Sragen, Jawa tengah, dalam partisipasi Pemilihan Umum (Pemilu) memang sangat penting dalam memobilisasi masyarakat untuk memberikan suara mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sragen, Sutrisna mengatakan, Ormas dapat berperan sebagai agen yang mampu menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses Pemilu. Mereka dapat melakukan berbagai kegiatan sosialisasi, pendidikan politik, dan kampanye untuk meningkatkan kesadaran pemilih.

Ormas memiliki akses yang lebih dekat dengan masyarakat di tingkat lokal. Mereka dapat berkomunikasi secara langsung dengan warga dan mengedukasi mereka tentang pentingnya Pemilu serta hak dan kewajiban mereka sebagai pemilih.

Ormas dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam mensukseskan Pemilu. Mereka dapat membantu dalam menyediakan informasi dan sumber daya yang dibutuhkan oleh pemilih, seperti lokasi TPS, informasi calon, dan prosedur pemungutan suara.

Ormas juga dapat berperan dalam pemantauan dan pengawasan proses Pemilu untuk memastikan transparansi dan integritasnya. Mereka dapat membantu mengawasi jalannya Pemilu dan melaporkan pelanggaran yang terjadi.

Kabupaten Sragen telah mengambil beberapa langkah untuk memaksimalkan peran ormas dalam Pemilu. Salah satunya adalah dengan menciptakan aplikasi online bernama "Sistem Pendataan Ormas Pemantauan Dan Pendaftaran Di Kesbangpol (Sidamas Tampan Pol)." Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi ormas dalam melaporkan keberadaan dan kegiatan mereka kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) serta pemerintah daerah.

Selain itu, upaya untuk meningkatkan jumlah ormas aktif dan memantau keberadaan mereka secara teratur adalah langkah yang positif. Semakin banyak ormas yang aktif, semakin besar potensi untuk mencapai partisipasi pemilih yang lebih tinggi di Pemilu 2024.

Pentingnya peran ormas dalam Pemilu adalah bagian integral dari proses demokrasi yang sehat, di mana masyarakat memiliki kesadaran politik dan terlibat aktif dalam menentukan masa depan negara mereka melalui pemilihan umum.

Suwarsono, Anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Sragen, menekankan pentingnya dukungan dari berbagai elemen dalam meningkatkan tingkat partisipasi pemilih. Salah satu elemen yang disebutkan adalah peran dari organisasi kemasyarakatan (ormas) di Sragen.

Suwarsono mengungkapkan bahwa perwakilan dari berbagai kelompok ormas di Sragen juga berkomitmen untuk mendukung upaya sosialisasi dan peningkatan partisipasi pemilih. Hal ini dianggap sangat penting karena ormas memiliki potensi besar dalam memobilisasi masyarakat dan meningkatkan kesadaran politik serta partisipasi pemilih.

Wakil Bupati Sragen, Suroto, dalam pertemuan dengan perwakilan Ormas di Sragen pada Rabu (4/10) menekankan pentingnya peran Ormas dalam pemerintahan daerah.

Suroto menekankan bahwa Ormas memiliki peran yang sangat penting dalam pemerintahan daerah. Mereka dapat berfungsi sebagai pengawas, pengontrol, dan pemberi masukan di berbagai sektor pemerintahan.

Suroto juga menyoroti pentingnya kerjasama antara pemerintah dan Ormas.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network