KGPAA Mangkunegara X Lepas Peserta Kirab 1 Suro, Ada Kaesang Pangarep

Nanang SN
Kaesang Pangarep bersama istri ikut kirab 1 Suro Pura Mangkunegaran Tahun Jawa Jimawal 1958 / 2024 M.Foto:iNews/ Istimewa

SOLO,iNewsSragen.id -  Dilepas Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, peserta Kirab Pusaka Dalem Puro Mangkunegaran mendapat sambutan ribuan masyarakat di sepanjang rute yang dilalui, Minggu (7/7/2024) malam sekira pukul 19.30 WIB.

Ada yang menarik perhatian masyarakat dalam kirab kali ini, diantara barisan peserta yang memakai busana adat Jawa terlihat putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep bersama sang istri yang sedang hamil membaur ikut jalan kaki.

"Alhamdulillah, semua lancar," kata Kaesang singkat menjawab pertanyaan wartawan disela melayani permintaan warga berdesakan minta foto bersama.

Seperti diketahui kirab menyambut 1 Suro atau awal permulaan penanggalan Tahun Jawa Jimawal 1958 ini diikuti oleh keluarga, kerabat, dan para abdi dalem Pura Mangkunegaran.

Kirab kali ini dipimpin putra pertama Mangkunegara IX, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Jiwa Suryanegara. Ia sebagai cucuk lampah (pemimipin barisan) dalam prosesi kirab yang berjalan dengan khidmat dan penuh makna.

Dimulai dari Pendapa Agung Pura Mangkunegaran. Sebelum memulai kirab dilaksanakan ritual khusus sebagai bagian dari kesakralan acara.

Sesuai peraturan yang berlaku di Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X tidak diperbolehkan ikut kirab. Ia hanya melepas peserta kirab di pendapa.

"Tak sangoni puji pandonga rahayu kanti wilujeng (aku beri bekal doa agar selamat),"  katanya.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network