Resmi Dilantik, Abdul Rochim Ba’asyir Pimpin DSKS Periode 2024-2027

Nanang SN
Dewan pengurus DSKS periode 2024-2027 bersama Walikota Solo Teguh Prakosa usai menjalani pelantikan.Foto:iNews/ Istimewa

SOLO,iNewsSragen.id - Abdul Rochim Ba'asyir resmi dilantik menjadi Ketua Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) berdasarkan keputusan Muktamar ke 2 periode 2024-2027. Putra Abu Bakar Ba'asyir itu menggantikan KH Syihabuddin Abdul Muiz.

Periode pengurusan kali ini terjadi perubahan pada pimpinan, jika sebelumnya terdapat 4 Ketua Rois Tanfidzi untuk saat ini hanya satu saja yang dipimpin oleh Abdul Rochim Ba’asyir. Sedangkan untuk untuk Lajnah juga terjadi perubahan dalam struktural

Dalam rilis yang diterima awak media, acara pelantikan yang dihadiri Walikota Solo Teguh Prakosa, dan Ketua MUI Kota Solo KH Abdul Aziz Ahmad, diselenggarakan di Gedung Ndalem Al Marsum, Solo, Senin (22/72024).

Teguh dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya atas pelantikan pengurus baru dan berharap agar ke depan DSKS semakin dapat memberikan manfaat bagi umat Islam Solo.

"Tugas DSKS ke depan agar mampu memaksimalkan syiar Islam, sehingga sejarah Solo yang dulunya merupakan pusat kejayaan Mataram Islam dapat kembali dirasakan manfaatnya. Bukan hanya di Solo tapi Indonesia," ujar Walikota.

Sedangkan Ketua MUI Surakarta berharap dengan hadirnya tokoh-tokoh Islam muda bisa lebih mensyiarkan Islam masuk ke dalam undang-undang.

“Semoga banyak syariah Islam bisa diterima dalam undang-undang, dan semoga ke depan Pengadilan Agama juga tidak hanya mengadopsi hukum perdata, tapi termasuk Pidana,”harapnya.

Dalam sambutannya, Abdul Rochim Ba’asyir selaku ketua baru mengatakan, dengan kepengurusan DSKS yang baru maka kedepan akan terus menjadi sinergi ke beberapa elemen Islam di Solo dan sekitarnya.

“Program utama adalah memaksimalkan kegiatan yang membangun keilmuan di masyarakat baik dari sisi agama ataupun pelatihan keterampilan meliputi ibu-ibu ataupun remaja agar mereka meningkat dari sisi SDM-nya. Selain itu juga penguatan bidang agama yang meliputi fiqih, muamalah, ibadah dan lain sebagainya," imbuhnya.

Berikut nama-nama pengurus DSKS Periode 2024-2027:

Ketua Rois Tanfidzi : Ustadz Abdul Rochim Ba’asyir

Wakil Ketua : Ustadz Qodri Faturrahman

Dewan Mustasyar        : KH Syihabuddin Abdul Muiz, Dr. Arifin Badres, Mas'ud Izzul Mujahid

Sekretaris Jenderal : Dr. Mulyanto Abdullah Khoir, M.Ag.

Bendahara : Mimi Dinasti Safriyanti

LAJNAH-LAJNAH

Lajnah Dakwah Wal Irsyad : Muh. Uqbah Aziz, Lc. M.H

Lajnah Khidmat : Ahmad Sigit

Lajnah Iqtishodiyah : Drs Wasono Nurhadi

Lajnah Muslimah : Ustadzah Parida Hasanah S. Pd.

Dewan pengurus DSKS periode 2024-2027 bersama Walikota Solo Teguh Prakosa usai menjalani pelantikan.Foto:iNews/ Istimewa

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network