Layanan Air Bersih di Utara Bengawan Sragen Jadi Percontohan

Joko Piroso
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PDAM Tirto Negoro Sragen telah berhasil menekan kekurangan air bersih di wilayah utara Bengawan.Foto:Dok iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PDAM Tirto Negoro Sragen telah berhasil menekan kekurangan air bersih di wilayah utara Bengawan, menjadikannya sebagai percontohan untuk skala nasional.

Dengan gabungan berbagai sumber pendanaan, PDAM Sragen kini dapat melayani 19 dari 20 kecamatan, termasuk Kecamatan Tangen dan Jenar yang sebelumnya mengalami masalah dengan air tanah yang payau.

Direktur Teknik PDAM Sragen, Samuel Rudiyanto, menyatakan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil dari upaya pemerintahan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan mengindikasikan pentingnya model pendanaan multi-sumber.

Menurutnya, inisiatif ini telah menarik perhatian daerah lain yang ingin meniru pendekatan serupa.

Pengiriman pipanisasi di utara Bengawan dimulai sejak 2019 dan baru terwujud pada 2023, dengan total anggaran mencapai Rp 18,47 miliar.

Proyek ini berhasil mengurangi dampak krisis air bersih secara signifikan, dan PDAM Sragen sering diundang untuk berbagi pengalaman sebagai narasumber di berbagai kabupaten/kota.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network