SRAGEN, iNewsSragen.id - Menjelang Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, PT PLN (Persero) menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, memantau langsung pelayanan di Rest Area Tol 519A Sragen dan menyampaikan peningkatan signifikan dalam penggunaan kendaraan listrik selama periode liburan ini.
"Hari ini kami berada di Rest Area 519A Sragen, memastikan kualitas pelayanan bagi saudara-saudara kita yang mudik menggunakan kendaraan listrik. Dari Banten, Bandung, hingga jalur utara Jawa, kami pantau perjalanan para pemudik agar tetap lancar," ujar Darmawan, Rabu (25/12/2024).
Darmawan mengungkapkan bahwa transaksi pengisian daya kendaraan listrik meningkat hingga lima kali lipat dibandingkan Natal dan Tahun Baru sebelumnya. Jumlah kendaraan listrik yang digunakan untuk mudik juga melonjak tiga kali lipat.
“Pemantauan dilakukan dari rest area ke rest area, dan saat ini hampir tidak ada antrean panjang di SPKLU sepanjang jalur tol mulai dari Banten, Jawa Timur, hingga Sumatra,” ungkapnya.
Untuk mengakomodasi lonjakan pengguna kendaraan listrik, PLN meningkatkan jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) hingga delapan kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Kini, lebih dari 500 SPKLU tersedia di jalur utama mudik seperti Tol Trans Jawa dan Tol Sumatra.
“Prediksi kami, jumlah kendaraan listrik yang mudik meningkat tiga kali lipat. Namun transaksi pengisian daya justru meningkat lebih signifikan, menunjukkan kepercayaan masyarakat pada kendaraan listrik untuk perjalanan jarak jauh,” tambah Darmawan.
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasojo, memberikan bingkisan kepada pelanggan setia saat meninjau PKLU di Rest Area Tol 519A Sragen, Sabtu 25 Desember 2024.Foto:iNews/Joko P
Dengan waktu pengisian daya yang memerlukan 20–30 menit, pengelolaan antrean menjadi fokus utama PLN. "Kami ingin memastikan perjalanan para pemudik tetap nyaman tanpa adanya antrean panjang," jelas Darmawan.
PLN juga mengerahkan 81 ribu pegawai yang bertugas di 400 posko siaga di seluruh Indonesia untuk memastikan kelancaran pelayanan selama masa liburan.
“Sistem kelistrikan nasional sangat andal. Pasokan energi primer seperti batu bara, gas, dan BBM aman, serta pembangkit listrik telah menjalani pemeliharaan sejak jauh-jauh hari,” imbuh Darmawan.
Darmawan menegaskan bahwa layanan PLN bukan sekadar soal bisnis, melainkan komitmen untuk kenyamanan masyarakat.
“Kami ingin memastikan setiap pemudik dapat menikmati perjalanan dengan nyaman, berkumpul dengan keluarga, dan kembali dengan semangat baru. Ini adalah bentuk dukungan kami terhadap perjalanan mudik yang aman sekaligus mendorong adopsi kendaraan listrik di Indonesia,” tutupnya.
Dengan berbagai upaya ini, PLN optimis memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sekaligus mempercepat transisi menuju penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.
Editor : Joko Piroso
Artikel Terkait