get app
inews
Aa Read Next : Bakal Calon Bupati Sragen 2024, Untung Wina Sukowati Bersilaturahmi dengan Relawan Semut Merah

Ritual Satu Suro, Ratusan Warga Berebut Air Berkah di Makam Pangeran Samudra Gunung Kemukus

Sabtu, 30 Juli 2022 | 19:47 WIB
header img
Ratusan warga rela saling berdesakan demi mendapatkan air berkah dari cuci slambu makam Pangeran Samudra di Gunung Kemukus, sabtu (30-7-2022). (Foto: iNewsSragenid/Joko Piroso)

SRAGEN, iNewsSragen.id - Banyak cara untuk menyambut datangnya malam 1 suro 1444 hijriah, salah satu tradisi ritual berebut air berkah dari cuci slambu makam Pangeran Samudra, Sragen. Ratusan warga rela berdesakan demi mendapatkan  air  berkah. Kanon, air tersebut bisa memyembuhkan berbagai penyakit dan membawa berkah rezeki usahanya.

Tradisi berebut air dari hasil slambu makam Pangeran Samudra ini entah apa maknanya, yang menyakini bahwa air hasil cuci slambu di makam Pangeran Samudra tersebut bisa membawa berkah. sebagian lagi rela terinjak-injak dan saling dorong, beberapa pemuda juga nekat memanjat pagar dan terjun ke tengah kerumunan massa.

Menurut haji helmi, peziarah dari Kabupaten Lamongan, ia baru empat kali ziarah ke makam Pangeran Samudra Sragen. Kanon, air tersebut membawa berkah rezeki usahanya, ujarnya.

Meski saling berebut air, tak ada permusuhan di antara mereka.  Usai melakukan ritual warga antri berebut secuil kain slambu penutup makam Pangeran Samudra.

Penanggung jawab Objek Wisata Gunung Kemukus, Suparno, menyampaikan jumlah pengunjung pada momentum 1 Sura mencapai 2.500-3.000 orang. Mereka sudah berdatangan sejak Jumat (29/7/2022) sore untuk melakukan ritual 1 Sura di New Kemukus.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut