get app
inews
Aa Read Next : Dinilai Tepat Pimpin Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi Dapat Dukungan dari Tokoh Sragen

Ternyata 4 Tokoh Pribumi Ini Pernah Jadi Petinggi Belanda saat Masa Penjajahan

Sabtu, 17 September 2022 | 09:21 WIB
header img
Tokoh pribumi yang menjadi petinggi Belanda pada masa penjajahan. Alex Kawilarang (Kiri) dan TB Simatupang (kanan) (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Jarang sekali diketahui, ternyata ada tokoh pribumi yang menjadi petinggi Belanda pada masa penjajahan. Kebanyakan tokoh pribumi tersebut menjadi petinggi tentara Belanda KNIL atau Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger.

 

KNIL merupakan tentara Kerajaan Hindia Belanda yang dibentuk oleh pemerintah kolonial guna menghadapi perlawanan lokal. Menurut sejarawan Petrik, prajurit KNIL sebagian besar adalah orang-orang pribumi Indonesia sebagai prajurit rendahan. 

Meski begitu, ada tokoh pribumi yang menjadi perwira di tubuh KNIL meski jumlahnya tidak sebanyak tentara Belanda.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah tokoh pribumi yang menjadi petinggi Belanda pada masa penjajahan.

Mari kita simak siapa saja tokoh pribumi yang menjadi Petinggi Belanda pada masa penjajahan:

1. Alex Evert Kawilarang

Alex Evert Kawilarang dikenal sebagai pendiri Kesatuan Komando Teritorium III (Kesko TT-III) Siliwangi yang merupakan cikal bakal Komando Pasukan Khusus (Kopassus). 

A.E. Kawilarang merupakan lulusan sekolah opsir di Jatinegara, Jakarta. Setelah lulus, ia diangkat menjadi perwira KNIL. Selama kariernya, Kawilarang juga pernah menjadi panglima teritorial di dua komando daerah penting lainnya yakni, Tentara dan Territorium VII/Indonesia Timur sekarang Kodam XIV/Hasanuddin pada 15 April 1950 dan pada 10 November 1951 diangkat menjadi Panglima Territorium III/Siliwangi yang sekarang Kodam III/Siliwangi.

2. TB Simatupang

Tahi Bonar Simatupang atau yang lebih dikenal sebagai TB Simatupang merupakan salah satu tokoh militer di Indonesia.Ia pernah ditunjuk oleh Presiden Soekarno untuk mengisi jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia (KASAP), setelah Jenderal Soedirman tutup usia pada 1950.

Lulusan KMA di Bandung pada 1940 ini juga diketahui pernah diangkat menjadi perwira KNIL.

3. A.H Nasution 

Abdul Haris Nasution atau A.H. Nasution merupakan satu dari tiga jenderal besar atau jenderal bintang lima di Indonesia. Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini mengawali karier militernya sebagai perwira KNIL.

4. Urip Sumoharjo

Urip Sumoharjo merupakan salah satu pejuang yang turut andil dalam berdirinya angkatan bersenjata mulai BKR, TKR, hingga TNI.

Urip diketahui merupakan mantan perwira KNIL dengan pangkat tertinggi yang terlibat dalam pembentukan TNI. Pangkat yang tertinggi yang dimiliki Urip saat di KNIL adalah sebagai mayor.

Nah, itulah empat tokoh pribumi yang menjadi petinggi Belanda pada masa penjajahan.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut