get app
inews
Aa Read Next : Tim Dosen STTW Surakarta Serahkan Bantuan ATS Untuk Masjid di Mojosongo, Ini Manfaatnya

Mahasiswa UNU dan UIN Raden Mas Said Surakarta Gelar Diskusi, Ini yang Dibahas!

Selasa, 22 November 2022 | 13:14 WIB
header img
Kebersamaan Mahasiswa UNU dan UIN Raden Mas Said Surakarta dengan didampingi Dosen Pengampu Nuruzzaman, MS., SH., MH (Foto: iNews/Sugiyanto)

SURAKARTA, iNewsSragen.id - Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari Mahasiswa Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta dan Fakultas Syariah Prodi Hukum Pidana Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta menggelar acara diskusi bertema 'Pancasila', pada Selasa (22/11/2022) di Kampus UNU Surakarta.

Acara ini merupakan pertama kali diadakan, tujuannya adalah untuk menyadarkan kembali kepada para Mahasiswa agar lebih memahami makna atau filosofi yang terkandung dalam Pancasila. 

Selain itu, pemahaman Pancasila untuk diimplementasikan dengan cara-cara yang benar dan tidak bertentangan pada adat istiadat dan Undang-undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 


Suasana ruang diskusi para Mahasiswa (Foto: iNews/Sugiyanto)
 

Diskusi ini, berkonsep presentasi, tanya jawab dan pemaparan ide-ide sebagai pengembangan potensi yang dimiliki oleh para Mahasiswa dalam menjabarkan sejauh mana mereka memahami pentingnya Pancasila.

Dosen Pengampu, Nuruzzaman, MS., SH., MH mengatakan, diskusi ini sangat diperlukan, Pancasila merupakan sebuah pedoman hidup yang harus diterapkan oleh setiap rakyat Indonesia. Hal ini dikarenakan Pancasila mengandung nilai-nilai kehidupan mendasar yang dapat dijadikan sebagai petunjuk dalam keseharian hidup.

"Harapannya, supaya para Mahasiswa lebih memahami makna Pancasila, agar menjadi jiwa yang berkarakter dalam setiap tindakan dan pemikirannya," ujar Zaman.

Zaman juga menjelaskan, peran Mahasiswa dalam pembangunan bangsa dan negara ini sangat begitu penting. Terlebih jika para Mahasiswa bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu masyarakat mencari solusi jika ada sebuah persoalan. 

"Mahasiswa harus berkarakter, untuk membangun bangsa dan negara, dan bisa memberi solusi kepada masyarakat jika ada sebuah persoalan," jelasnya. 

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut