get app
inews
Aa Read Next : Seorang Santri di Pondok Pesantren Kediri Tewas, Diduga Dianiaya Sesama Temannya

7 Deretan Julukan Banyuwangi, Bumi Blambangan hingga Kota Santet

Minggu, 27 November 2022 | 07:55 WIB
header img
Julukan Banyuwangi. (Foto: Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi/Instagram/@bragasta_ma)

BANYUWANGI, iNewsSragen.id - Deretan julukan Banyuwangi, sebuah kawasan yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Ia berbatasan langsung dengan Selat Bali yang membuatnya menjadi destinasi wisata menarik di Jawa Timur. 

Tak hanya soal alam, Banyuwangi juga dikenal dengan keragaman budaya, seni, dan tradisi. Karena itu, mari mengenal Banyuwangi berdasarkan julukan yang disematkan padanya. Apa saja? Ini ulasannya, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1.Bumi Blambangan

Julukan satu ini, erat kaitannya dengan sejarah Banyuwangi di masa lalu. Pada abad ke-18, kawasan ini dikuasai Kerajaan Blambangan bercorak Hindu yang berada di bawah Kerajaan Majapahit. 

Julukan Banyuwangi. (Foto: Kawah Wurung, Banyuwangi/Instagram/@hanalands)

Ketika Majapahit runtuh pada akhir abad ke-15, Blambangan masih teguh berdiri dan menjadi satu-satunya kerajaan Hindu yang masih bertahan di Pulau Jawa. Berdasarkan laporan penulis Portugis, Tome Pires, kerajaan ini mencapai kejayaannya di bawah kekuasaan Raja Bima Koncar. 

Di bawah kendali putranya, Menak Pentor, Blambangan memperluas kekuasaannya hingga Lumajang dan Panarukan. Pria itu kemudian berhasil membawa Blambangan menjadi kerajaan kuat dan makmur.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut