get app
inews
Aa Read Next : Siap Awasi Pilkada, Bawaslu Sukoharjo Buka Rekrutmen Panwaslu Kecamatan Gunakan 2 Pola

Angka Stunting Belum Turun, Pemkab Sukoharjo Gencarkan Program DAHSAT

Senin, 23 Januari 2023 | 18:15 WIB
header img
Bupati Sukoharjo Etik Suryani dalam kegiatan di Desa Lokus stunting, Desa Wonorejo, Polokarto. Foto: iNews/Istimewa

SUKOHARJO, iNewsSragen.id - Angka stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak-anak di Kabupaten Sukoharjo tercatat berada pada 8,10% dari hasil penimbangan serentak Agustus 2022 lalu. Angka itu meningkat jika dibandingkan angka stunting pada 2021 sebesar 7,11%.

Hingga saat ini, Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) terus berupaya mengatasi permasalahan stunting, meski angkanya masih jauh dari angka stunting nasional yang berada pada 24%.

Kepala DKK Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu, mengakui angka stunting 2022 lebih tinggi dibanding 2021. Namun menurutnya hasil angka itu tidak dapat dibandingkan mengingat angka 7,11% (2021) diambil dari data berat badan sekitar 70% anak di Sukoharjo. Sementara jumlah 8,10% (2022) berasal dari 93,5% anak.

“Sebelumnya kami menggunakan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) dengan hanya mengambil sampel berat badan anak. Pada tahun 2022 kami menggunakan aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) dengan sasaran seluruh anak di Posyandu. Sehingga keduanya tidak bisa dibandingkan,” kata Tri saat kegiatan progam Desa Lokasi Fokus (Lokus) stunting, di Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto, Senin (23/1/2023).

Untuk memastikan upaya penurunan kasus stunting berjalan sesuai dengan yang diharapkan, saat ini DKK Sukoharjo menggencarkan gerakan remaja putri meminum obat tambah darah yang diberi nama gerakan minum pil pintar dan juga pil cantik untuk para pekerja perempuan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan stunting sejak dini melalui remaja putri, atau ibu rumah tangga sebelum kelahiran bayi.

"Kami berharap dapat berkontribusi menyumbangkan penurunan angka stunting yang nantinya juga berpengaruh terhadap angka stunting nasional," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut berkontribusi dengan memfokuskan program pada Desa Lokus stunting.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut