get app
inews
Aa Read Next : Unjuk Rasa September Hitam di Kartasura, Massa Gelar Orasi Hingga Malam Hari

Penyidikan PPNS BPK Dinilai Lambat, Kondisi Cagar Budaya Pagar Dalem Singopuran Memprihatinkan

Jum'at, 17 Maret 2023 | 15:42 WIB
header img
Ketua Umum FBM BRM Kusumo Putro melihat kondisi kerusakan pagar Dalem Singopuran yang makin terlantar karena tidak ada perawatan. (FOTO: iNews/Nanang SN)

SUKOHARJO, iNewsSragen.id - Dinilai lambat penuntasan kasus perusakan cagar budaya berupa tembok pagar Dalem Singopuran, di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, membuat kondisi bangunan yang diduga merupakan bagian dari Keraton Kartasura itu makin merana.

Ilalang dan rumput liar terlihat tumbuh mengelilingi sekitar struktur bangunan tembok. Kondisi tak terawat itu oleh Ketua Umum Forum Budaya Mataram (FBM) BRM Kusumo Putro yang datang meninjau, dinilai makin memperparah kerusakan.

Ia pun mempertanyakan kinerja Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah X DIY dan Jateng (dulunya bernama Balai Pelestarian Cagar Budaya/BPCB) Jateng) yang menangani kasus perusakan itu.

"Ini kan masih dalam proses hukum sehingga tidak boleh disentuh sama sekali atau status quo. Kalau dalam kondisi seperti ini lamanya hampir 1 tahun karena dalam penyidikan, akhirnya membuat bangunan tidak terawat dan justru menambah parah kerusakannya," kata Kusumo pada, Jum'at (17/3/2023).

Kinerja PPNS BPK dinilai Kusumo tidak profesional karena sejak kasus ini masuk penyelidikan dan ditingkatkan menjadi penyidikan belum ada penetapan tersangka pelaku perusakan.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut