Logo Network
Network

Kasus Meluas, Puluhan Ibu Hamil di Kulonprogo Positif Sifilis 

Antara
.
Rabu, 24 Mei 2023 | 18:47 WIB
Kasus Meluas, Puluhan Ibu Hamil di Kulonprogo Positif Sifilis 
Puluhan ibu hamil di Kulonprogo positif sifilis.Foto: istimewa

KULONPROGO, iNewsSragen.idPuluhan ibu hamil di Kulonprogo mengalami sifilis. Data dari Dinas Kesehatan Kulonproho pada tahun 2022 ada 69 orang ibu hamil positif sifilis.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami mengatakan, pada tahun 2022, jumlah ibu hamil yang diperiksa sebanyak 3.913 jiwa, hasilnya yang positif sifilis mencapai 69 jiwa atau sekitar dua persen, kata Sri Budi Utami, Rabu (24/5/2023).

Dinkes Kulonprogo juga melakukan pemeriksaan terhadap populasi kunci sebanyak 1.243 orang. Hasil pemeriksaan menunjukkan yang positif sifilis mencapai 14 orang atau 1,1 persen lebih.

"Pada periode Januari hingga awal Mei 2023, populasi kunci yang dites sifilis 349 jiwa, dan hasil reaktif delapan jiwa atau 2,3 persen. Kedelapan orang reaktif tersebut, tujuh orang lelaki suka lelaki (LSL) dan satu ibu rumah tangga," ujarnya.

Sri Budi Utami menyebut penyebab sifilis di Kulonprogo lebih disebabkan oleh perilaku berisiko, karena sebagian besar ditemukan pada kelompok populasi kunci. "Perhatian sudah harus dilakukan untuk ibu hamil. Artinya kasus sudah meluas tidak hanya di populasi kunci," tegasnya.

Follow Berita iNews Sragen di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.