get app
inews
Aa Read Next : Seorang Santri di Pondok Pesantren Kediri Tewas, Diduga Dianiaya Sesama Temannya

Kiat Sukses Pria Asal Kediri Raup Omzet Rp90 Juta per Bulan dari Budi Daya Ikan Hias

Jum'at, 14 Juli 2023 | 18:03 WIB
header img
Seorang pria Asal Kediri berhasil mengembangkan budidaya ikan hias, dari usahanya tersebut Dia berhasil meraup omzet Rp90 Juta per bulan. (Foto: YouTube PecahTelur)

JAKARTA, iNewsSragen.id - Budi daya ikan hias ternyata mampu mendatangkan cuan dalam jumlah yang tidak sedikit. Seperti yang dilakukan oleh pria asal Kediri, Muhammad Ikhwan Fahrozy yang mampu meraup omzet hingga Rp90 juta dalam satu bulan dari hasil berjualan ikan hias.

Pria yang akrab disapa Iwan ini bercerita bahwa awalnya dirinya gemar memelihara ikan hias. Berangkat dari hobinya tersebut, Iwan kemudian mengembangkan usaha budi daya ikan hias pada tahun 2013.

"Awalnya saya itu melihara ikan cupang, kemudian sampai saat ini saya mengembangkan ke berbagai jenis ikan yang lainnya," ujar Iwan dikutip dari YouTube PecahTelur, Jumat (14/7/2023).

Dia menambahkan, saat ini usaha budi daya ikan sangat menjanjikan. Sebab, menurutnya kebutuhan pasar masih sangat tinggi dan cukup luas. Selain ikan cupang, Iwan membudidayakan beberapa ikan hias air tawar lain, seperti tetra glofish, manfish, danio, arwana, dan lain-lain.

"Kami memasarkan ikan untuk saat ini itu diambil tengkulak dan kemudian kita itu juga paketkan ke Madura, ke Bogor, ke Bandung, kemudian Makassar, pokoknya ke seluruh Nusantara," ucapnya. 

Sebelum menjadi pengusaha ikan hias, Iwan merupakan seorang petani. Namun, di sela-sela kegiatannya bertani, dia menyempatkan diri untuk bergabung di salah satu komunitas penggemar ikan hias yang ada di Kediri.

Dari situ dia mulai menemukan banyak relasi termasuk mendapatkan target pasar. Bahkan, dirinya mendapatkan informasi tentang ikan hias apa saja yang sedang potensial untuk dijual.

"Ikan itu kan musiman, kayak seperti bunga, itu jadi trennya apa kita mengikuti tren, kita siapkan itu, kita kembangkan, biasanya kita lihat itu dari komunitas-komunitas," katanya.

Dia mencontohkan pada saat pandemi Covid-19, karena banyak yang bosan berdiam di rumah, akhirnya banyak yang memutuskan untuk memelihara ikan, sehingga permintaan terhadap ikan meningkat khususnya ikan cupang, bahkan dirinya sampai mampu membeli mobil dan rumah dari hasil penjualannya.

"Waktu itu ikan cupang itu booming sekali penjualannya sangat tinggi, peminat banyak, ya alhamdulillah kemarin itu saya bisa membangun rumah beli mobil dan membeli sebidang tanah," tuturnya. 

Berkat semangat dan kerja keras yang dilakukan oleh Iwan, dari hasil jualan ikan hias tersebut, dirinya mampu meraup omzet hingga Rp90 juta dengan keuntungan mencapai Rp30 juta per bulan.

"Hari-hari biasa pendapatan omzet itu satu minggu kurang lebih Rp15 juta sampai Rp20 jutaan, ya kisaran Rp60 juta sampai Rp90 juta lah perbulan-nya, keuntungannya satu bulan ya sekitar Rp30 jutaan kurang lebih," ucapnya.

Editor : Sugiyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut