get app
inews
Aa Read Next : Aksi Demo di DPRD Jateng Berakhir Ricuh, Mahasiswa Robohkan Gerbang

Konser De Tjolomadoe Batal, Ribuan Orang Ngamuk dan Ricuh

Minggu, 23 Juli 2023 | 17:08 WIB
header img
Penonton mengamuk gegara konser batal.Foto:Tangkapan layar video amatir

SOLO, iNewsSragen.id - Konser Don't Stop Take Your Home di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (22/7/2023) batal akhirnya ribuan penonton ngamuk dan ricuh. Konser yang sedianya digelar pukul 15.00 WIB itu batal lantaran EO belum melunasi uang terhadap vendor.

Menurut pantauan, sekitar pukul 19.50 WIB, ribuan massa telah melakukan pengerusakan terhadap tenda-tenda yang disediakan panitia. Mereka juga berteriak dan memaki EO serta menyalakan flare.

Kericuhan tersebut bisa dihentikan sekitar pukul 20.30 WIB setelah aparat kepolisian menurunkan 170 personel untuk meredakan amukan masa dipimpin langsung oleh Kapolres Karanganyar, AKBP Jerrold Hendra Kumontoy.

Kapolres AKBP Jerrold Hendra Kumontoy mengatakan, bahwa malam ini sebenarnya ada kegiatan konser Indie Don't Stop Fest dengan bintang tamu Koil, Superman Id Dead, Rebellion Rose, MCPR, Havinhell, SWA, dan Malu2x. Izin gelaran juga sudah keluar dari pihak kepolisian.

"Ternyata kegiatan tersebut ada pihak EO masih belum menyelesaikan kewajiban pembayaran ke salah satu vendor sound sistem dan beberapa vendor lainnya," jelasnya.

Hasil interogasi awal pihak kepolisian, EO berhutang biaya pelunasan sekitar Rp120 juta. Lantaran hal tersebut, lanjut AKBP Jerrold, pihak vendor tidak mau melanjutkan gelaran konser. "EO langsung kami. Sudah kami tanyakan bagaimana nanti pertanggungjawabannya," ujarnya.

Total ada 3 EO yang saat ini sudah diamankan di Polsek Colomadu Karanganyar, 2 laki-laki dan 1 perempuan. Kapolres menyebut mereka adalah EO lokal. "Sudah pasti konser tidak akan digelar. Karena EO belum mampu membayar kepada vendor," tegasnya.

Kapolres menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan uang tiket akan dikembalikan secara online oleh pihak EO. "EO ia akan mengembalikan dalam bentuk online. Kalau yang on the spot akan kami atur untuk proses pengembalian," imbuhnya.

Seorang penonton, Rizky Aldy Saputra asal Banyumas (22) mengaku membeli tiket secara offline di salah satu cafe pada, Jumat 21 Juli 2023 malam senilai Rp120 ribu. "Saya merasa kecewa konser dibatalkan hari ini. Terus ada banyak korban lah yang juga merasa kecewa," katanya.

Rizky pun meminta pertanggungjawaban kepada pihak EO atas uang yang telah ia keluarkan untuk membeli tiket. "Inikan merugikan banyak orang. Kan banyak yang mau nonton Superman Id Dead," pungkas Rizky.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut