get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Warga Saling Berebut, Polres Grobogan Berbagi Takjil di Pinggir Jalan

Warga Ngebung Sragen, Temukan Fosil Gading Gajah Usianya 800.000 Tahun

Selasa, 01 Agustus 2023 | 21:35 WIB
header img
Tim penyelamatan fosil Museum dan Cagar Budaya, ekskavasi temuan fosil gading gajah purba di Dukuh Ngebung RT 004/RW 002, Desa Ngebung, Kalijambe, Sragen, Selasa (1/8/23).Foto:Istimewa

SRAGEN, iNewsSragen.id - Tim Penyelamatan Museum dan Cagar Budaya Kemendikbudristek di Sangiran, Sragen, melakukan ekskavasi fosil gading gajah purba yang ditemukan oleh warga di Dukuh Ngebung, Desa Ngebung, Kecamatan Kalijambe, Sragen, pada Selasa tanggal (1/8/23). Fosil ini diperkirakan berumur sekitar 800.000 tahun karena ditemukan di lapisan tanah formasi 1.

Ekskavasi fosil gading gajah tersebut dimulai pada pukul 08.30 WIB dan melibatkan lima orang. Pada pukul 11.30 WIB, struktur gading gajah purba yang panjangnya sekitar 3 meter dari ujung hingga pangkal sudah terlihat. Bagian pangkalnya memiliki diameter sekitar 20 cm. Proses ekskavasi tersebut ditargetkan untuk selesai dalam satu hari.

Fosil gading gajah purba tersebut rencananya akan disimpan di Museum Ngebung. Namun, karena jalan menuju museum sedang dibangun, fosil tersebut sementara akan disimpan di Museum Krikilan. Setelah jalan selesai dibangun, fosil tersebut akan dipindahkan ke Museum Ngebung.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut