get app
inews
Aa Read Next : Kisah Raden Wijaya Dirikan Majapahit Pertama Kali, Bangun Kota Hadap ke Sungai Brantas

Kisah Ratu Tribuwana Wijayatunggadewi Penguasa Perempuan Pertama di Majapahit

Minggu, 13 Agustus 2023 | 09:28 WIB
header img
Ratu Majapahit Tribhuwana Wijayatunggadewi putri Raden Wijaya dan Gayatri Rajapatni versi AI Nusantara. Foto:Dok iNews/Istimewa

SRAGEN, iNewsSragen.id - Pernikahan Megah Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi dalam sejarah Kerajaan Majapahit merupakan salah satu peristiwa yang menjadi sorotan. Ratu Tribhuwana Wijayatunggadewi, sebagai penguasa perempuan pertama di Majapahit, memiliki peran penting dalam memimpin kerajaan dan mempertahankan kestabilan.

Tribhuwana Wijayatunggadewi resmi naik takhta menjadi raja di Majapahit usai Jayanagara mati di tangan Ra Tanca. Tribhuwana Wijayatunggadewi yang masih anak dari Raden Wijaya pendiri Kerajaan Majapahit hasil pernikahannya dengan Gayatri Rajapatni. Dia mulai memerintah menjadi raja perempuan pertama di Kerajaan Majapahit. Penobatannya sebagai raja membuatnya terkejut. Ia bahkan tak menyangka mendapat jabatan yang mentereng kala itu. Apalagi Majapahit memiliki cita-cita untuk memperluas pengaruh di Pulau Jawa. Tetapi layaknya seorang putri yang lahir dari orang tua bangsawan Jawa, ia tetap menjaga sikap.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut