get app
inews
Aa Read Next : Sosok Soekitman, Polisi yang Berjasa Ungkap Tragedi 65 di Lubang Buaya Sempat Pura-Pura Mati

Trending Topik Twitter Indonesia, Ini Sinopsis Film G30S PKI

Sabtu, 30 September 2023 | 15:33 WIB
header img
Poster film G30S PKI/ Istimewa

Presiden RI pertama, Ir Soekarno pada saat itu sedang sakit parah. Karena konsep politiknya yang dinilai melindungi PKI yaitu Nasakom (nasionalisme, agama dan komunisme), telah mengakibatkan partai yang dipimpin DN Aidit itu makin besar.

Dan partai ini mencoba melakukan pemberontakan pada tahun 1948 dengan membunuh banyak orang di dalam negeri. Dan pada 1965, mereka merekayasa dokumen Gilchrist yang palsu bahwa dewan jenderal sedang mempersiapkan kudeta ketika Soekarno meninggal.

Aidit dan tokoh-tokoh pimpinan partai komunis, secara diam-diam menyusun rencana untuk menggunakan isi dokumen Gilchrist yang telah dipalsukan sebagai alasan melakukan kudeta.

Mereka kemudian menjalankan aksi dengan menculik 7 Jenderal yang hidup bahagia dengan keluarga. Saat menyadari bahwa isu Dewan Jenderal hanyalah rekayasa PKI, namun hal itu sudah terlambat.

Pada malam 30 september – 1 Oktober, 7 kelompok pasukan dikirim untuk menculik para jenderal yang terkait dengan Dewan jenderal tersebut. dari 7 jenderal itu hanya Jenderal Abdul Haris Nasution yang berhasil melarikan diri.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut