get app
inews
Aa Read Next : Lahan Milik Pemkab Sragen di Klaim Dipasangi Plakat Sepihak oleh Tiga Warga, Jadi Sorotan

Penguatan Profil Pelajar Pancasila Lewat Pembelajaran Seni Budaya di SD Negeri Purwosuman 4 Sragen

Rabu, 04 Oktober 2023 | 15:32 WIB
header img
Fatimatuzzahro Mahasiswa S1 PGSD FIPP UNNES (kiri) dan Dr. Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd Dosen UNNES (kanan). (Foto: Istimewa)

Berdasarkan observasi dan wawancara penulis di SD Negeri Purwosuman 4 didapatkan hasil berupa implementasi kegiatan pembelajaran seni rupa yang dintegrasikan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan pembelajaran yang dilakukan seperti pembuatan kolase dari bahan bahan yang terdapat di sekitar kingkungan Sekolah.

Selain dapat mengasah keterampilan peserta didik dalam memadukan bahan bahan kolase, peserta didik juga dapat belajar mencintai lingkungan dengan mengeksplor alam sekitar khususnya di sekitar lingkungan sekolahnya sendiri.

Kegiatan pembelajaran seni rupa melalui eksplorasi lingkungan Sekolah ini juga dapat diintegrasikan dengan profil pelajar pancasila. Implementasi penanaman rasa nasionalis ini dilakukan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Dikutip dari Direktorat Sekolah Dasar (2023) disebutkan bahwa terdapat 6 ciri pelajar pancasila diantarannya:

(1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

(2) Berkebinekaan global.

(3) Bergotong royong.

(4) Mandiri.

(5) Bernalar kritis.

(6) Kreatif.

6 ciri profil pelajar pancasila tersebut telah diimplementasikan pada pembelajaran di SD Negeri Purwosuman 4. 

Hal ini dibuktikan dengan peserta didik membaca doa sebelum memulai pembelajaran, berinteraksi dengan sesama tanpa mebeda bedakan asal daerah, kebudayaan, ras, suku, dan agama.

Dengan demikian, tercipta sikap gotong royong baik saat pembelajaran maupun kegiatan di luar pembelajaran. Aktivitas ini tentu penting dalam melatih rasa kepedulian serta menciptakan kolaborasi yang baik antar peserta didik. Kolaborasi pada mata pelajaran seni budaya ini dilakukan dengan model project based learning (Pembelajaran berbasis proyek). 

Editor : Sugiyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut