get app
inews
Aa Read Next : Akibat Gempa Bumi, BPBD Garut Laporkan Dua Orang Alami Luka Ringan

Musim Hujan Tiba, Pemkab Sukoharjo Gelar Apel Siaga Bencana

Selasa, 14 November 2023 | 17:37 WIB
header img
Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengecek kesiapan sarana dan prasarana dalam apel kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana alam di musim penghujan.Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.idApel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di musim penghujan digelar Pemkab Sukoharjo, dipimpin langsung oleh Bupati Etik Suryani di halaman Setda, Selasa (14/11/2023).

"Secara geografis, geologis, demografis, maupun hidrometeorologis, Kabupaten Sukoharjo masuk wilayah rawan bencana. Untuk itu, dibutuhkan kewaspadaan potensi terjadinya bencana alam memasuki musim hujan ini,' kata Etik.

Dalam apel ini Bupati yang didampingi Kapolres AKBP Sigit, Dandim Letkol Czi Slamet Riyadi, Ketua DPRD Wawan Pribadi, Kajari Rini Triningsih, dan pejabat Forkopimda lainnya, meninjau kesiapan sarana prasarana termasuk perlengkapan dapur umum.

“Kabupaten Sukoharjo rentan terjadi bencana ketika musim penghujan, antara lain bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang. Pergantian musim kemarau ke musim hujan perlu diwaspadai adanya masa transisi atau pancaroba yang berakibat terjadinya cuaca ekstrim pada November 2023 ini," ujar Bupati.

Oleh karenanya apel kesiapsiagaan perlu dilakukan untuk antisipasi terhadap dampak yang mungkin timbul dan menyikapi perkembangan kebencanaan akhir-akhir ini serta prakiraan BMKG.

"Untuk itu, semua pihak, baik jajaran pemerintah, TNI, Polri, masyarakat, dan relawan agar selalu bersinergi dalam urusan bencana. Apel ini sebagai upaya mengantisipasi terhadap dampak yang mungkin timbul dalam musim penghujan saat ini dan menyikapi perkembangan bencana akhir-akhir ini,” imbuh Etik.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut