get app
inews
Aa Read Next : Ledakan Tungku Smelter PT ITSS di Morowali: 15 Tewas, 3 TKA China

Detik-detik Tungku PT ITSS Meledak, Puluhan Orang Meninggal Dunia

Minggu, 24 Desember 2023 | 13:53 WIB
header img
Detik-detik tungku smelter PT ITSS Kabupaten Morowali, Sulteng meledak hingga mengakibatkan 12 orang tewas dan 39 luka-luka, Minggu (24/12/2023). (Foto: ist)

MOROWALI, iNewsSragen.id - PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menyampaikan keprihatinan mendalam atas peristiwa tragedi kecelakaan kerja yang terjadi pada Minggu pagi, 24 Desember 2023, di salah satu pabrik pengolahan nikel yang dimiliki oleh PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS). ITSS adalah salah satu Tenant yang beroperasi di Kawasan IMIP, Morowali, Sulawesi Tengah.

Kecelakaan kerja terjadi sekitar pukul 05.30 WITA ketika sejumlah pekerja sedang melakukan perbaikan dan pemasangan plat pada bagian tungku. Hasil investigasi awal menunjukkan bahwa ledakan terjadi karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan.

Saat proses perbaikan tersebut, terjadi ledakan yang juga memicu beberapa tabung oksigen di sekitar area meledak.

Kebakaran tungku berhasil dipadamkan pada pukul 09.10 WITA. Pekerja yang menjadi korban kecelakaan telah dibawa ke Klinik 1 dan 2 PT IMIP. Informasi awal dari Klinik IMIP hingga pukul 10.00 WITA menyebutkan bahwa jumlah korban saat ini sebanyak 51 orang, terdiri dari 12 orang yang meninggal dunia dan 39 lainnya mengalami luka berat hingga luka ringan. Korban meninggal dunia terdiri atas 7 tenaga kerja asal Indonesia dan 5 tenaga kerja asing.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut