get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Tindakan Represif Aparat di Sukoharjo, Pagar Nusa Siap Tempuh Jalur Hukum 

Inspiratif, Bagas Ihsanul Umam Konten Kreator Dakwah Viral di Medsos

Kamis, 04 Januari 2024 | 14:47 WIB
header img
Bagas Ihsanul Umam, konten kreator dakwah sekaligus juga motivator yang tengah viral di medsos.Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Memiliki motto hidup, "sebaik-baik kamu adalah yang mau belajar Alquran dan mengajarkannya", Bagas Ihsanul Umam tengah viral di media sosial (medsos) sebagai motivator, konten kreator, dan juru dakwah di berbagai platform digital.

Sosok muda Hafidz Qur'an alumni Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ini diketahui juga seorang penulis buku "Dua Rakaat Dulu Aja". Bahkan saat ini tengah menempuh Program Studi Magister S2 Di Universitas PTIQ Jakarta.

Dalam kesehariannya, Bagas juga sering diundang di berbagai kampus dan komunitas untuk menjadi narasumber baik offline maupun online. Undangan itu mengalir seiring sosoknya mulai banyak dikenal sebagai konten kreator dengan akun Instagram @bagas. ihsanulumam.

Beberapa kampus yang pernah mengundang diantaranya, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Poltekkes Kemenkes Klaten, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), UIN Sunan Kalijaga, Universitas Kebangsaan Malaysia, komunitas hijrah school, muslimah bangkit, LDK UIN Suka, jofisah id, dan lain lain.

"Alhamdulillah saya selalu bersemangat sejak zaman sekolah dulu dalam meraih prestasi, baik di dunia akademik maupun non akademik," kata Bagas, Kamis (4/1/2024). ,

Ia bercerita, sejak menjadi santri MA PP Syafa 'aturrasul, Daarul Huffazh PP Syafa'aturrasul, dan Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta, sering juara kelas dan lulus dengan predikat mumtaz (sempurna). Bagas juga lulus dalam waktu 3,5 tahun dengan predikat cumlaude saat kuliah S1.

"Kalau non akademik pernah mewakili Riau dalam ajang Pospenas 2016 di Banten cabang Pidato bahasa Arab, dan sering juara dalam ajang MTQ cabang Hifzhil Quran mulai dari 10 Juz sampai 30 Juz, Tafsir Alquran berbahasa arab dan indonesia," ungkapnya.

Tapi dari itu semua yang paling penting menurutnya adalah bisa membantu ratusan bahkan ribuan orang yang mau belajar baca Alquran dari dasar sampai akhirnya bisa baca Alquran dengan baik di kelas online yang dirintisnya bersama rekan-rekannya sampai sekarang.

"Selain itu, menjadi seorang kreator konten dakwah yang bisa membantu ratusan ribu bahkan jutaan orang di medsos adalah pencapaian yang saya suka dan bangga. Semoga apa yg sudah saya dan kawan kawan lakukan ini, menjadi pemberat timbangan amal baik nanti di akhirat, aamiin yaa Rabb," sambungnya.

Founder Kelas Pelajar Quran ini berharap dengan adanya konten konten dakwah yang diunggahnya dapat memberi dampak positif kepada muslim se Indonesia, anak anak muda khususnya untuk terus mau belajar agama, Alquran, Sunnah, dan terus berusaha menjadi pribadi yang taqwa kepada Allah Ta’aala.

Berikut diantaranya prestasi yang pernah diraih Bagas yang juga mempunyai pengalaman kerja sebagai musyrif tahfizh PP Syafa'aturrasul, dan pengalaman organisasi studi pengembangan bahasa asing UIN Sunan Kalijaga:

- Juara 1 MHỌ 10 Juz Putra tingkat Kabupaten Kuantan Singingi 2018

- Juara 2 MHỌ 30 Juz Putra tingkat Kota Yogyakarta 2019

- Juara I MHỌ 30 Juz Putra tingkat Kabupaten Kuantan Singingi 2019

- Juara 1 MHỌ 30 Juz Putra tingkat Kabupaten Kuantan Singingi 2020

- Juara 2 MHỌ 30 Juz Putra tingkat Kota Yogyakarta 2019

- Juara 3 MTQ Cabang Tafsir Bahasa Arab dan 30 Juz Putra tingkat Kota Yogyakarta 2021

Rose, mahasiswi UMS yang baru saja hadir di acara menghadirkan Bagas sebagai motivator di kampus UMS mengaku sangat termotivasi setelah mendengarkan paparan materi yang disampaikan Bagas.

"Materi kak Bagas bawain kemarin itu menarik banget. Enjoy pembawaannya, nggak membosankan tapi kemarin kayaknya cepet banget waktunya. Eh ternyata sudah lebih dari 60 menit," ungkapnya

Ia menuturkan, materi yang dibawakan Bagas berdasarkan pengalaman dan kisah pribadi, sesuai dengan kondisi pribadinya saat ini. Oleh karenanya, Rose menyatakan, jadi termotivasi lagi setelah mendapat materi dan nasehat dari Bagas itu.

"Pokoknya materi kemarin itu bermanfaat banget buat saya dan teman-teman. Setidaknya ada persiapan dan nggak salah dalam memilih pasangan hidup, biar dapet yang shaleh juga," pungkasnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut