get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pilkada 2024, Kapolres Sragen Sambut Hangat Silaturahmi Organisasi Pemuda KNPI

Keracunan Massal, 34 Peserta PKK di Kelurahan Sragen Dilarikan ke Puskesmas

Rabu, 17 Januari 2024 | 18:42 WIB
header img
34 warga peserta PKK di Kelurahan Ngembatpadas, Kecamatan Gemolong, Sragen keracunan massal.Foto:iNews/Joko P

Menurut Kapolsek Gemolong, hasil pemeriksaan petugas kesehatan dari Puskesmas Gemolong menunjukkan bahwa diare massal tersebut diduga berasal dari makanan snack yang dikonsumsi. Setelah laporan ini, Kapolsek Gemolong bersama Camat Gemolong, Ancil Sudarto, dan petugas kesehatan dari Puskesmas Gemolong melakukan observasi ke tempat Parmi sebagai penyedia makanan ringan. Sampel sisa makanan yang dikonsumsi oleh warga dibawa ke Puskesmas Gemolong untuk dilakukan uji laboratorium guna memastikan penyebab keracunan massal tersebut.

Dalam perkembangan selanjutnya, Kepala Puskesmas Gemolong, dr. Agus Pranoto Budi Susilo, membenarkan adanya keracunan massal. Pihaknya telah melakukan penanganan dan membuka posko untuk merespons kejadian ini. Dilaporkan bahwa ada 34 orang yang merasakan gejala keracunan, meskipun sebagian dari mereka tidak mencari pengobatan dan telah sembuh.

"Ada 34 orang, tapi tidak semua berobat. Terkait keracunan massal ini sudah membaik, tidak ada yang sampai rawat inap," ungkapnya pada Rabu (17/1). Sampel makanan dan air yang dikonsumsi telah dibawa ke laboratorium, namun hasil penyebab keracunan belum dapat dipastikan. Proses laboratorium masih berlangsung, dan diperkirakan laporan hasil akan keluar dalam seminggu.

Lurah Ngembatpadas, Baikuni, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan pertemuan rutin Ibu-Ibu PKK setempat. Dia juga mencicipi arem-arem, namun tidak mengalami gejala keracunan. Baikuni menyatakan kemungkinan risol sosis yang menjadi penyebabnya. Sebagian dari peserta pertemuan, sekitar 50an orang, tidak mengonsumsi risol tersebut.

Setelah mendapatkan laporan, pihaknya segera berkoordinasi dengan Puskesmas Gemolong dan menyediakan layanan aduan agar warga yang mengalami gejala segera mendapatkan pengobatan. Tim Puskesmas Gemolong memberikan pengobatan kepada warga yang diduga keracunan setelah mengkonsumsi snack di pertemuan PKK Kelurahan Ngembatpadas.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut