get app
inews
Aa Read Next : Gempar, Warga Desa Siwal Baki Temukan Mayat Pria Tanpa Identitas di Selokan

TPS Pemilu Unik di Kartasura, Usung Tema Etnik Budaya Indonesia

Rabu, 14 Februari 2024 | 20:29 WIB
header img
Penampakan TPS 11 Desa Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, yang di hiasi dekorasi etnik.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 11 RT 03/ RW 05 Dukuh Tisanan, Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, mendekorasi tempat pemungutan suara penuh pernak-pernak unik dan menarik.

Mengusung tema etnik perpaduan dari beberapa adat dan budaya suku di Indonesia, TPS tersebut dihiasi dengan bermacam dekorasi mulai dari dua pohon pisang dan janur melengkung di pintu masuk mirip acara hajatan pernikahan. Kemudian ada miniatur geber wayang kulit di dalam area tempat coblosan.

Para petugas KPPS yang mengawaki TPS 11 ini, juga kompak mengenakan pakaian adat tradisional. Ada yang memakai seragam lurik, ada juga yang berdandan ala warok Ponorogo.

Selain itu, TPS yang menempati Balai Nitisono, tempat warga setempat berkumpul dan berkegiatan itu juga dihiasi sepasang gunungan wayang kulit serta payung khas Bali di kanan kiri pintu masuknya.

"Konsep di TPS 11 ini mengambil tema etnik. Perpaduan antara beberapa suku yang beragam. Kami juga menggabungkan dengan unsur pewayangan seperti Semar sebagai inspirasi bahwa siapapun nanti pemimpin yang terpilih harus bisa ngemong rakyatnya," kata Suratno Ketua PPS Desa Wirogunan, Rabu (14/2/2024).

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut