get app
inews
Aa Read Next : Wow, Nelayan Rusia Tangkap Ikan Sepasang Mata Melotot dan Mulut Bengkak

Suara Keras seperti Pesawat di Sungai Myanmar Ternyata dari Ikan Kecil Ini, Kok Bisa?  

Kamis, 29 Februari 2024 | 14:04 WIB
header img
Ikan Danionella Cerebrum, ikan yang bersuara keras seperti pesawat. Foto: Senckenberg Research Institute and Natural History Museum.

JAKARTA, iNewsSragen.id - Misteri suara keras seperti pesawat dari dalam sungai di Myanmar akhirnya terungkap. Ternyata, suara keras seperti pesawat tersebut berasal dari ikan jantan Danionella Cerebrum, yang panjangnya kurang dari setengah inci.

Ikan Danionella Cerebrum mampu menghasilkan suara lebih dari 140 desibel, setara dengan suara kembang api, gajah , atau mesin jet yang lepas landas. 

Ikan Danionella Cerebrum yang unik ini, hidup di sungai-sungai yang mengalir di pegunungan Bago Yoma, Myanmar. Ikan ini memiliki otak terkecil dari semua vertebrata di Bumi. 

Ikan-ikan tersebut transparan dan tidak memiliki tengkorak, sehingga para peneliti dapat dengan mudah melihat dan mengakses jaringan otak.

Namun, saat mempelajari otak ikan-ikan tersebut di laboratorium, tim peneliti di Jerman baru-baru ini memutuskan untuk menyelidiki kebisingan yang berasal dari tangki-tangki tempat ikan tersebut berada.

"Orang-orang berjalan melewati tangki ikan dan mereka bisa mendengar suara-suara itu dan bertanya-tanya dari mana asalnya," kata salah satu penulis studi, Verity Cook, ahli neurosains di Universitas Charité di Jerman seperti dilansir dari Smithsonianmag, Kamis (29/2/2024).

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut