get app
inews
Aa Read Next : Dinamika Bursa Cagub Jateng, Ahmad Luthfi Dapat Dukungan Pengusaha Muda Asal Jepara

Jelang Pilkada, Tokoh Masyarakat: Solo Butuh Pemimpin Bermodal Gagasan, Bukan Pencitraan

Rabu, 06 Maret 2024 | 17:56 WIB
header img
DR. BRM Kusumo Putro.Foto:iNews/ Istimewa

SOLO,iNewsSragen.id - Sejumlah nama populer mulai dimunculkan oleh beberapa pihak untuk meramaikan bursa Pilkada Walikota-Wakil Walikota Solo pada November 2024 mendatang. Ada nama raja salah satu keraton di Solo, tokoh masyarakat, politisi, hingga pengusaha.

Mencermati kondisi Kota Solo saat ini dengan tingkat kemiskinan berdasarkan persentase Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah tahun 2023 sekira 8,4% atau sebanyak 43,89 ribu penduduk, tokoh masyarakat Kota Solo DR. BRM Kusumo Putro mengatakan, Solo saat ini krisis kepemimpinan.

Menurutnya, jika ini terus dibiarkan, maka Solo sedang menuju kehancuran secara tidak sadar. Kehancuran dimaksud adalah menurunnya tingkat kesejahteraan akibat pengangguran yang disebabkan minimnya akses lapangan kerja, minim pendidikan akibat ekonomi, dan minim akses kesehatan bagi warga kurang mampu.

"Sebagai kota yang memiliki jargon "Kota Budaya", pada kenyataannya pembangunan di bidang kebudayaan juga masih jauh dari kata berhasil. Yang ada hanya monumen yang tidak ada isi didalamnya," kata Kusumo, Rabu (6/3/2024).

Atas dasar itu, Kusumo menantang para kandidat bakal calon Walikota-Wakil Walikota untuk membeberkan gagasannya untuk Kota Solo di masa mendatang, termasuk bagaimana caranya meningkatkan PAD.  Dengan cara seperti itu, setidaknya masyarakat dapat mengetahui apa yang akan dikerjakan jika nanti terpilih.

"Sebagai pemilih, masyarakat berhak tahu isi kepala para kandidat calon walikota-wakil walikota itu. Jangan hanya jualan nama besar dan pencitraan blusukan. Cara-cara seperti itu mestinya sudah tidak lagi digunakan. Itu pembodohan namanya," tegasnya. 

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut