get app
inews
Aa Read Next : Gempar, Warga Desa Siwal Baki Temukan Mayat Pria Tanpa Identitas di Selokan

Sadranan Sepi, Jasa Pembersih Makam TPU Pracimaloyo Sambat

Senin, 11 Maret 2024 | 15:45 WIB
header img
Warga Desa Makamhaji pembersih makam duduk menunggu peziarah di musim sadranan.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.idTradisi sadranan menjelang Ramadhan bagi masyarakat Indonesia, terutama di Jawa  selalu dilakukan dengan ziarah ke makam mendoakan arwah leluhur maupun sanak keluarga yang sudah lebih dulu meninggal dunia.

Di Kabupaten Sukoharjo, tepatnya di TPU Pracimaloyo yang berada di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, peziarah mulai ramai datang untuk memanjatkan doa serta menabur bunga diatas makam masing-masing keluarganya.

Momen tahunan inipun menjadi lahan untuk mendulang rezeki bagi jasa pembersih makam. Ada yang berkelompok, namun ada juga yang sudah memiliki langganan.

Tak hanya orang dewasa,  anak-anak yang ikut menunggu disekitar peziarah saat sedang berdoa juga mendapat keuntungan. Saat peziarah selesai berdoa, mereka juga mendapat uang meskipun tidak ikut membersihkan makam.

Bagi warga sekitar TPU Pracimaloyo, menjadi pembersih makam sudah menjadi rutinitas pekerjaan sehari-hari. Namun ada juga yang menjadikannya sebagai pekerjaan musiman, semisal saat sadranan atau saat lebaran.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut