get app
inews
Aa Read Next : Viral! Palsukan Plat Nomor, Mobil Dinas di Grobogan Berplat Merah Tabrak Pemotor 1 Tewas

Bupati Mengeluh Ribetnya Pendistribusian Pupuk ke Petani, Mentan Ancam Pecat Distributor Nakal

Jum'at, 22 Maret 2024 | 08:31 WIB
header img
Bupati Grobogan, Sri Sumarni dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, saat berada di tengah sawah Desa Bringin, Kecamatan Godong, Grobogan.Foto:iNews/Rustaman Nusantara

GROBOGAN, iNewsSragen.id - Kondisi persyaratan yang rumit dalam proses penyaluran pupuk bersubsidi ke petani serta kurangnya kebutuhan pupuk karena pembatasan jumlah pengambilan telah menyulitkan petani di Grobogan, Jawa Tengah.

Bupati Grobogan, Sri Sumarni, mengungkapkan keluhannya kepada Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, saat berada di tengah sawah Desa Bringin, Kecamatan Godong, Grobogan, Jawa Tengah.

Petani kesulitan saat akan membeli pupuk bersubsidi karena harus memenuhi beberapa persyaratan seperti membawa kartu tanda penduduk dan mendapatkan surat rekomendasi dari beberapa pihak seperti kepala desa, penyuluh pertanian, dan pengecer lainnya.

Situasi keterpurukan petani semakin diperparah dengan adanya banjir yang merendam ribuan hektar lahan sawah, sebagian besar merupakan tanaman padi yang siap panen. Akibatnya, petani mengalami gagal panen dan kerugian yang mencapai puluhan miliar rupiah.

Untuk mengatasi masalah ini, petani dan Bupati Grobogan meminta bantuan dari Menteri Pertanian dalam pemulihan ekonomi petani dengan memberikan asuransi berupa bibit padi yang baru serta pupuk.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut