get app
inews
Aa Read Next : Jamin Keselamatan Mahasiswa, UAS Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan

Resmi Ambil Formulir Balon Wawali Kota Solo di PDIP, Kusumo Tantang Adu Gagasan

Senin, 15 April 2024 | 18:14 WIB
header img
BRM Dr Kusumo Putro SH, MH disambut Tim Penjaringan Balon Walikota dan Balon Wakil Walikota DPC PDIP Solo.Foto:iNews/ Nanang SN

SOLO,iNewsSragen.id - Tokoh masyarakat yang juga advokat, BRM Dr Kusumo Putro SH, MH resmi mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon (balon) wakil walikota (wawali) di Sekretariat DPC PDI Perjuangan di Pucangsawit, Jebres, Kota Solo, Senin (15/4/2024) siang.

Memakai blangkon atau penutup kepala ciri khas adat Budaya Jawa, Kusumo datang mengambil formulir pendaftaran diantar oleh puluhan massa pendukung dengan naik mobil dan sepeda motor.

"Alhamdulillah, hari ini saya datang ke Sekretariat DPC PDIP Solo mengambil formulir pendaftaran balon wawali Kota Solo, dan ini sudah diberi formulir untuk secepatnya akan saya isi agar bisa segera dikembalikan," kata Kusumo usai mengambil formulir.

Kusumo yang juga merupakan kader lama PDIP (mantan komandan Satgas Pasusdes) itu menyatakan, alasannya maju berkompetisi pada Pilkada November 2024 mendatang, adalah ingin mengimplementasikan gagasannya membenahi Kota Solo dengan dua program unggulan, yaitu pemberdayaan UMKM dan menurunkan angka kemiskinan menjadi dibawah 2%.

"Jadi niat ini didasari dari rasa keprihatinan melihat kondisi masyarakat Kota Solo saat ini yang masih jauh dari kata sejahtera. Selain itu pendaftan ini juga berkat dorongan dari arus bawah dan hasil koordinasi dengan tokoh-tokoh masyarakat," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Kusumo juga mengutarakan keinginannya agar dalam proses penjaringan itu, DPC PDIP Solo membuat forum terbuka sebagai sarana para balon yang mendaftar memaparkan gagasan dan visi misinya kepada masyarakat.

"Saya meminta kepada DPC PDIP Solo membuat forum terbuka sebagai ajang adu gagasan dan visi misi para balon walikota maupun balon wakil walikota. Tujuannya agar masyarakat luas juga mengetahui isi kepala para bakal calon pemimpin ini," tegasnya.

Dalam forum terbuka itu, Kusumo juga berharap ada keterlibatan perwakilan dari elemen masyarakat terdiri tokoh, akademisi, ormas, aktivis dan yang lainnya, untuk diundang menyaksikan langsung.

"Itu semua demi transparansi bahwa apa yang dilakukan DPC PDIP Solo ini benar-benar menjaring calon pemimpin, bukan sekedar pencitraan belaka. Meskipun begitu, saya mengapresiasi DPC PDIP Solo yang berupaya terbuka mengakomodir semua elemen untuk bersama-sama membangun Kota Solo menjadi lebih baik," ujarnya.

Wakil Ketua Tim Penjaringan DPC PDIP Solo, Paulus Haryoto mengatakan, hingga saat ini sudah ada lima orang yang mengambil formulir pendaftaran. Mereka terdiri dua balon walikota, dan tiga balon wakil walikota.

"Balon walikota ada dua, yakni Ginda Ferachtriawan dan Rudi Indarto (RM Adem Ayem). Balon wakil walikota ada Wawanto, Widadi (berpasangan dengan Rudi), dan yang terakhir siang ini adalah Mas Kusumo," kata Paulus

Selain lima orang yang sudah mengambil formulir, ia menyebut ada sejumlah tokoh yang sudah menyatakan siap mengambil formulir pendaftaran. Diantaranya Teguh Prakosa (wakil walikota Solo, dan anak dari politikus PDIP Aria Bima.

"Pendaftaran sudah dibuka sejak Selasa (9/4/2024) lalu sampai dengan Jum'at (24/4/2024) mendatang. Untuk saat ini kami baru melayani pengambilan formulir pendaftaran. Belum ada yang mengembalikan (mendaftar)," ungkapnya.

Ditambahkan, nantinya setelah pendaftaran ditutup, DPC PDIP Solo akan melakukan penyaringan. Nama yang telah disaring atau yang sudah memenuhi persyaratan selanjutnya akan diserahkan ke DPP PDIP pada, 31 Mei 2024.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut