get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Tindakan Represif Aparat di Sukoharjo, Pagar Nusa Siap Tempuh Jalur Hukum 

Akselerasi Integrasi Layanan Administrasi, Pemkab Sukoharjo Mulai Terapkan SSO

Kamis, 18 Juli 2024 | 19:53 WIB
header img
Kabid Aplikasi Informatika Diskominfo Sukoharjo, Sunarno, memaparkan penerapan SSO di internal kepegawaian Pemkab Sukoharjo.Foto:iNews/Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Pemkab Sukoharjo mulai mencoba menerapkan Single Sign On (SSO) untuk layanan administrasi pemerintah. Cara baru ini telah resmi dilaunching oleh Sekda Sukoharjo, Widodo, beberapa waktu lalu.

Seperti dijelaskan Kabid Aplikasi Informatika Diskominfo Sukoharjo, Sunarno, penerapan penggunaan aplikasi SSO tersebut merujuk Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.

"Untuk sementara pengaplikasian sistem ini baru diterapkan untuk pegawai dalam mengakses ke tiga layanan administrasi pegawai yang ada. Yakni untuk layanan cuti pegawai, arsip kepegawaian serta siaga," kata Narno saat jumpa pers, Kamis (18/7/2024).

Menurutnya, dengan menggunakan SSO, para pegawai di lingkungan Pemkab Sukoharjo cukup login dengan satu username dan password saja. Artinya dengan satu username tersebut sudah bisa untuk mengakses tiga layanan di website.

"Jadi kalau ada pegawai yang ingin mengakses website cuti tetapi pada saat yang sama harus mengakses website arsip kepegawaian dan siaga, tidak perlu login dengan username lain lagi, karena satu username tadi sudah bisa untuk mengakses," terangnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut