get app
inews
Aa Read Next : Upaya Pemadaman Api di Lahan Hutan KPH Purwodadi, Membutuhkan Waktu 3 Hari Baru Padam

Panen Tebu Perdana Perhutani Penuhi Target Sebagai Penyangga Ketahanan Pangan Nasional

Jum'at, 23 Agustus 2024 | 19:19 WIB
header img
KPH Purwodadi di Grobogan, panen perdana tanaman tebu seluas 17,1 hektar di petak 62-F Pekuwon, BKPH Bandung, Desa Tanjungharjo, Kecamatan Ngaringan.Foto:iNews/Rustaman N

GROBOGAN, iNewsSragen.id - KPH Purwodadi di Grobogan, Jawa Tengah, baru saja melaksanakan panen perdana tanaman tebu seluas 17,1 hektar di petak 62-F Pekuwon, BKPH Bandung, Desa Tanjungharjo, Kecamatan Ngaringan.

Dalam panen perdana ini, hasil produksi melampaui target yang ditetapkan, mencapai lebih dari 1.030 ton tebu, sementara target awal adalah 1.030 ton.

Kepala Administratur KPH Purwodadi, Untoro, menyampaikan bahwa Grobogan diharapkan menjadi wilayah swasembada gula dan salah satu penyuplai utama gula di tingkat nasional.

Seluruh hasil panen akan dikirim dan diproduksi di Pabrik Gula Rajawali di Madiun, Jawa Timur.

Untoro juga menegaskan pentingnya melibatkan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) setempat dalam penanaman, pengelolaan, dan pengawasan keamanan tanaman tebu.

Lahan yang digunakan untuk penanaman tebu sebelumnya ditanami pohon jati. Setelah panen pohon jati, lahan tersebut dialihfungsikan untuk tebu guna mendukung ketahanan pangan nasional, terutama dalam produksi gula.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut