get app
inews
Aa Read Next : Dipimpin Ketua PN, Hanya 44 Anggota DPRD Sukoharjo Terpilih Ikut Pelantikan

Berkontribusi Aktif, 14 Badan Usaha di Sukoharjo Terima Penghargaan TJSLP Award 2024

Kamis, 12 September 2024 | 18:28 WIB
header img
Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyerahkan penghargaan TJSLP Award 2024.Foto:iNews/

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Sebanyak 14 badan usaha yang berdiri di Kabupaten Sukoharjo menerima penghargaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSLP) Award 2024 dari Pemkab Sukoharjo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida).

Pemberian penghargaan yang digelar di Auditorium Gedung Menara Wijaya, pada Kamis (12/9/2024) ini, dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada badan usaha atau perusahaan yang telah berkontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Sukoharjo.

Program TJSLP Award di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2024 ini merupakan kali ketiga diselenggarakan dengan kepesertaan dari tahun ke tahun terus bertambah. Sedikitnya ada 8 bidang atau kategori yang dijadikan dasar penilaian.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani yang hadir bersama jajaran Kepala OPD dan Forkopimda untuk menyerahkan penghargaan menyampaikan, bahwa dari sisi kepesertaan jumlah perusahaan ada peningkatan dalam pelaporan TJSLP.

"Tahun 2022 sebanyak 23 perusahaan meningkat menjadi 45 perusahaan di tahun 2023. Dari sisi kontribusi, tahun 2022 sebesar Rp13,2 miliar dan tahun 2023 sebesar Rp 13,4 miliar,"ungkap Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan bahwa berbagai upaya yang dilakukan daerah dalam rangka menyejahterakan masyarakat Kabupaten Sukohajo, telah memberikan hasil yang menggembirakan.

"Data BPS tahun 2023 menunjukkan, angka kemiskinan di Kabupaten Sukoharjo sebesar 7,58%, terendah ke sembilan se-Jateng. Kemiskinan ekstrem sebesar 0,72% di tahun 2023, dan rilis terbaru BPS di tahun 2024 sebesar 0,42%," bebernya. 

Bahkan Indek Pembangunan Manusia (IPM), disebutkan oleh Etik, terbaik untuk kategori kabupaten se-Jateng dengan angka 78,65. Disisi lain angka pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sukoharjo juga mulai merangkak positif di angka 5,06%.

"Capaian tersebut bukan untuk menjadikan kita lengah, tapi harus bisa kita jadikan sebagai modal sosial dan ekonomi yang berharga, untuk bisa menatap Sukoharjo yang lebih baik lagi, melalui berbagai program kolaboratif yang bisa dikembangkan bersama, salah satunya melalui program TJSLP," ujarnya.

Menurutnya, salah satu tantangan besar yang dihadapi daerah saat ini adalah semakin terbatasnya kemampuan keuangan daerah (APBD) dan diskresi dalam pelaksanaannya. Disisi lain, ada potensi besar di daerah yang bisa digali lebih optimal, yakni dari Corporate Social Responsibility (CSR) atau TJSLP).

Oleh karena itu, melalui TJSLP Award, Bupati mengajak kepada seluruh pelaku dunia usaha di Kabupaten Sukoharjo, untuk terus bersama-sama dan bekerja sama, mensejahterakan masyarakat melalui serangkaian program TJSLP yang lebih kolaboratif untuk mewujudkan Sukoharjo yang luar biasa.

"Perusahaan-perusahaan yang kita beri penghargaan hari ini telah menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi merupakan bagian integral dari bisnis yang berkelanjutan," tegasnya.

Melalui berbagai program dan inisiatif, mereka telah turut berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menjaga keberlanjutan lingkungan, serta menciptakan hubungan harmonis antara dunia usaha dan masyarakat.

Sementara, Kepala Bapperida Sukoharjo, Rudiyanto menambahkan, 8 bidang yang dijadikan dasar penilaian yaitu, Bidang Pendidikan dan Kebudayaan; Bidang Kesehatan; Bidang Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata; Bidang Sosial dan Keagamaan.

"Berikutnya, Bidang Koperasi Usaha Menengah dan Kecil dan Perdagangan; Bidang Lingkungan Hidup; Bidang Pertanian dan Perikanan; dan Bidang Infrastruktur," imbuhnya.

Berikut 14 badan usaha atau perusahaan yang mendapat penghargaan TJSLP Award 2024:

1. Yayasan Pembinaan Pendidikan Perguruan (YPPP) Veteran

2. PT. Dan Liris

3. PT. BPR Bank Sukoharjo (Perseroda)

4. PT. Konimex

5. Bank Jateng Cabang Sukoharjo

6. RS Dr Oen Solo Baru

7. Mitra Swalayan Triyagan

8. PT Sri Rejeki Isman Tbk

9. RS Indriati

10. PT. Arah Environmental

11. Fave Hotel

12. PT. Delta Merlin Dunia Textile VI

13. PT. PLN UPT Sukoharjo.

14. BRI Cabang Sukoharjo

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut