get app
inews
Aa Read Next : Unjuk Rasa September Hitam di Kartasura, Massa Gelar Orasi Hingga Malam Hari

Tiba di Sukoharjo, Kirab Api Peparnas XVII 2024 Disambut Plt Bupati

Sabtu, 28 September 2024 | 18:18 WIB
header img
Plt Bupati Sukoharjo Agus Santosa menyambut Kirab Api Peparnas XVII 2024 di Pendopo Graha Satya Praja Pemkab Sukoharjo.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Plt Bupati Sukoharjo Agus Santosa menyambut kedatangan Kirab Api Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Pendopo Graha Satya Praja komplek Pemkab Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (28/9/2024) sekira pukul 15.40 WIB

Kedatangan kirab api di Sukoharjo yang dikawal para atlet difabel tersebut, selanjutnya di arak dari Stadion Gelora Merdeka Jombor menuju Pendopo Graha Satya Praja dengan diiringi Marching Band Gema Wijaya Nusantara. Sebelumnya, kirab api telah singgah di Kabupaten Karanganyar.

Ketua Pelaksana Peparnas XVII 2024, DB Susanto yang hadir untuk menyerahkan kirab api singgah di Sukoharjo menyampaikan, bahwa Sukoharjo merupakan tempat terakhir yang disinggahi api Peparnas.

"Kirab api ini adalah rangkaian kegiatan pertama pelaksanaan Peparnas XVII 2024 di Kota Solo dan tiga kabupaten lainnya (Boyolali, Karanganyar, dan Sukoharjo). Kirab api selalu dilaksanakan dalam event-event nasional maupun internasional khususnya olahraga," kata Susanto.

Dijelaskan, api Peparnas diambil dari Mrapen di Kabupaten Grobogan untuk selanjutnya dibawa dengan cara dikirab selama dua hari, dimana pada hari pertama melalui Boyolali, Karanganyar, dan Sukoharjo. Pada keesokan harinya (Minggu, 29/9/2024) akan dikirab di Kota Solo.

"Peparnas 2024 di Jateng ini waktu persiapannya sangat singkat sekali. Seharusnya ini dilaksanakan di Sumut, namun karena pertimbangan aksesibilitas, sarana, dan prasarananya tidak memungkinkan, maka sejak 18 Juni 2024 (diputuskan Menpora) dipindah ke Jateng ( Solo, Boyolali, Karanganyar, dan Sukoharjo)," ungkapnya.

Peparnas 2024 akan mempertandingkan sebanyak 20 cabang olahraga (cabor) dengan rincian, 16 cabor dilaksanakan di Kota Solo termasuk opening dan closing ceremony, 2 cabor di Karanganyar, 1 cabor di Boyolali, dan 1 cabor di Sukoharjo.

"Untuk yang di Sukoharjo mempertandingkan cabor para tenis meja di GOR Bung Karno. Jadi empat daerah (yang disinggahi kirab api) akan melaksanakan pertandingan cabor Peparnas," imbuhnya.

Menyambut kedatangan kirab api, Plt Bupati Agus Santosa berharap pelaksanaan kirab api hingga sampai pada penyelenggaraan Peparnas XVII pada 6-13 Oktober 2024 mendatang dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala sesuai dengan target.

"Sukoharjo akan mendukung sepenuhnya, karena kami juga ditunjuk untuk pertandingan para tenis meja di GOR Bung Karno. Insya Allah tempatnya lebih dari memenuhi syarat untuk sebuah event olahraga," imbuh Agus.

Hadir dalam menyambut kirab api selain jajaran Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan dari masing-masing pemerintah daerah Boyolali, Karanganyar, dan Solo, juga ada tokoh masyarakat salah satunya bupati non aktif Etik Suryani.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut