get app
inews
Aa Read Next : Coblosan Makin Dekat, KPU Sukoharjo Mulai Rakit Kotak Suara

Dikirim Dari Sumedang, 702.236 Surat Suara Pilgub Jateng Tiba di Sukoharjo

Jum'at, 18 Oktober 2024 | 22:09 WIB
header img
Logistik surat suara Pilgub Jateng tiba di gudang KPU Sukoharjo di Dusun Temulus, Desa Pondok, Kecamatan Grogo.Foto:iNewsl/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Sebanyak 702.236 lembar surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo yang dikirim dari percetakan di Sumedang, Jawa Barat.

Kedatangan surat suara yang diangkut menggunakan truk tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian hingga sampai di gudang logistik KPU Sukoharjo di Dusun Temulus, Desa Pondok, Kecamatan Grogol, Jum'at (18/10/2024).

Dengan pengawasan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo, surat suara Pilgub Jateng yang dikemas dalam 118 kardus itu langsung dipindahkan untuk disimpan di gudang KPU Sukoharjo.

“Semula kami perkirakan surat suara untuk Pilgub Jateng tiba pada sore hari atau petang hari. Namun, ada masukan dari Bawaslu bahwa surat suara segera dikirim dari percetakan di Sumedang ke Sukoharjo dan tadi tiba sekira pukul 04.00 WIB diri hari” kata Ketua KPU Sukoharjo, Syakbani Eko Raharjo.

Menurutnya, jumlah surat suara Pilgub Jateng di Sukoharjo yang diterima sebanyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5% surat suara cadangan serta 2.000 lembar surat suara cadangan untuk Pemilihan Suara Ulang (PSU), sehingga total yang diterima sebanyak 702.236 lembar.

Menyinggung tentang keamanan, Syakbani mengatakan, pintu gudang logistik akan dikunci menggunakan gembok. Selain itu disekitar gudang juga terpasang kamera CCTV untuk pemantauan 24 jam nonstop.

“Hingga saat ini, logistik lain yang sudah diterima selain surat suara Pilgub adalah kotak suara, kabel tis, dan botol. Nanti, surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) juga akan disimpan di gudang logistik,” ujar dia.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut