get app
inews
Aa Text
Read Next : Capacity Building Persembahan Alumni FISIP UNS untuk Korem 074 Warastratama

Adaptasi Ditengah Globalisasi, Hasyim Journey Bagikan Ilmu Cara Jualan di WA

Sabtu, 08 Februari 2025 | 19:38 WIB
header img
Hasyim Journey sebagai WA Marketing Expert, Praktisi CRM, dan Founder Kampusdigital.id.Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Di tengah globalisasi, upaya untuk beradaptasi sangat diperlukan sebagai langkah penting dalam memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai pendorong utama perubahan dan inovasi. Teknologi yang canggih bisa membuat pekerjaan lebih mudah dan hemat waktu.

Salah satunya membangun WhatsApp Marketing (WA Marketing) atau cara jualan di WA dapat dilakukan dengan menentukan target audiens, membuat konten promosi, dan menggunakan fitur WhatsApp Business.

Hasyim Journey sebagai WA Marketing Expert, Praktisi CRM, dan juga  founder kampusdigital.id, mengemukakan, salah satu alasan menggunakan WhatsApp sebagai alat pemasaran adalah, bahwa banyak pelanggan atau konsumen yang mungkin sudah sangat familiar menggunakannya.

"Buktinya ada lebih dari 50 miliar pesan dikirimkan melalui WA setiap harinya. Namun (aplikasi) WA tidak menjual ruang iklan, sehingga kita harus inovatif dalam melakukan pendekatan pemasaran melalui WA," jelas Hasyim dalam keterangan yang diterima, Sabtu (8/2/2025).

Dalam sebuah acara workshop belajar WA Marketing juga bertepatan dengan launching produk persiapan Ramadhan di Bogor diikuti sekitar 55 peserta pengusaha fashion, Hasyim menjelaskan kepada para owner/ pengusaha fashion tentang bagaimana meningkatkan penjualan di WA Marketing,

Sebagai pembicara, ia menjelaskan tentang pentingnya mengembangkan strategi khusus untuk WA Marketing, serta bagaimana mengoptimalkan fitur-fitur baru dalam WA Bisnis, dan cara penjualan lewat WA Bisnis.

"Peran sosial media terutama WA memang sangat menguntungkan apabila digunakan untuk pemasaran. Saat ini, sosial media marketing memang cukup efektif membantu strategi pemasaran untuk sebuah bisnis atau perusahaan," ujarnya.

Namun, Hasyim Journey juga mengingatkan kepada para pengguna WA bisnis, untuk selalu memberi perhatian bahwa setiap media sosial memiliki karakteristiknya masing-masing.

"Untuk itu, apabila ingin melakukan pemasaran melalui media sosial sebaiknya menyusun strategi yang disesuaikan dengan karakteristik tiap media sosial terlebih dahulu," jelasnya.

Yang pertama ia menyebut tentang penentuan target audiens, yang kedua bagaimana menentukan daftar-daftar kontak pelanggan, kemudian yang ketiga membuatkan promosi konten yang sesuai dengan visi pelanggan.

Selanjutnya, keempat membuat WA Marketing dengan fitur bisnis karena ini sesuatu yang penting, berikutnya yang kelima ada yang menarik dari semuanya itu. Keenam membuat fitur grup bagi pelanggan, ketujuh mengalokasikan fitur WA agar cepat merespon kepada pelanggan.

"Untuk ke sembilan gunakan fitur-fitur yang kaya atau atraktif komunikatif yang nyaman bagi pelanggan untuk sebuah produk," pungkas Hasyim Journey.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut