get app
inews
Aa Text
Read Next : Nafa Urbach Soroti Pelayanan BPJS Kesehatan: "Jangan Main-Main!"

Perluas Layanan, BPJS Kesehatan Resmi Buka di MPP Sukoharjo

Selasa, 20 Mei 2025 | 18:38 WIB
header img
Konter BPJS Kesehatan di MPP Sukoharjo.Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,InewsSragen.idBPJS Kesehatan Kebupaten Wilayah VI Jawa Tengah dan DIY terus memperluas jangkauan layanannya dengan membuka loket pelayanan penuh di Mall Pelayanan Publik (MPP) di sejumlah kabupaten.

Dari 40 kantor cabang yang tersebar, tercatat enam kantor cabang telah membuka layanan secara penuh di MPP setempat, yakni di Kabupaten Demak, Banjarnegara, Rembang, Purworejo, Grobogan, dan Sukoharjo.

Dalam kegiatan workshop dan media gathering di MPP Sukoharjo, Senin (19/5/2025), Asisten Deputi Bagian Umum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah VI, Wahyu Kris Budianto, menyampaikan pembukaan konter layanan di MPP untuk memberi kemudahan bagi masyarakat.

"MPP memberikan kemudahan bagi masyarakat karena dalam satu lokasi terdapat berbagai layanan penting, termasuk Disdukcapil, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan yang sangat dibutuhkan untuk mengurus kepesertaan JKN, khususnya peserta bantuan iuran (PBI)," kata Wahyu.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Surakarta, Debbie Nianta Musigasari, mengungkapkan bahwa sejak dibuka loket BPJS Kesehatan di MPP Sukoharjo mengalami peningkatan signifikan. MMP Sukoharjo menjadi salah satu model sukses.

"Awalnya hanya satu loket, kemudian Oktober 2024 ditambah menjadi dua, dan mulai Februari 2025 kami menambah menjadi tiga loket karena tingginya animo masyarakat," ungkap Debbie.

Layanan di MPP Sukoharjo kini sepenuhnya melayani peserta JKN, sementara kantor cabang BPJS Kesehatan Sukoharjo difokuskan untuk pengajuan klaim dari fasilitas kesehatan tingkat pertama dan lanjutan.

Kunjungan masyarakat ke loket BPJS Kesehatan di MPP Sukoharjo mencapai rata-rata 1.100 kunjungan per bulan, dengan 70–80 kunjungan per hari. Jenis layanan yang paling banyak dimanfaatkan adalah perubahan data peserta dan pendaftaran baru.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sukoharjo, Djoko Poernomo, mengakui bahwa BPJS Kesehatan menjadi satu-satunya instansi yang membuka layanan penuh di MPP hingga saat ini.

"Tingginya kunjungan ke loket BPJS Kesehatan bahkan sangat terasa saat terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) massal di PT Sritex, di mana layanan BPJS di MPP menjadi sangat membantu masyarakat yang terdampak." kata Djoko.

Ditambahkan Djoko bahwa iklim investasi di Sukoharjo saat ini mengalami kinerja positif, dimana dari target investasi tahun ini Rp1 triliun, hingga April sudah mencapai Rp1,4 triliun.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut